Piaggio Gandeng Pabrikan Cina Kembangkan Mesin Baru untuk Skuter Kecil

Sabtu, 01/01/2022 13:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan motor asal Italia, Piaggio bekerja sama dengan Zongshen, sebuah perusahaan Mega China Motor mengembangkan mesin kecil untuk skuter untuk pasar Asia dan Eropa.

Mesin baru untuk skuter kolaborasi Piaggio-Zongshen ini, memiliki arsitektur yang mirip dengan mesin yang menggerakkan mesin-mesin populer seperti Yamaha NMAX, Honda ADV150, dan runabouts kelas 150cc lainnya.

Mesin yang dikembangkan diklaim mampu menghasilkan power 15 tenaga kuda, sementara torsinya sekitar 11 ft-lbs. Mesin inin dianggap sangat kompetitif dengan motor dari pabrikan Jepang yang cukup menguasai pasar Asia dan Eropa.

Mesin baru ini memiliki fitur injeksi bahan bakar elektronik dan pendingin cairan. Seperti kebanyakan skuter kecil dan moped premium, mesin G150S baru ini akan kompatibel dengan sejumlah fitur teknis termasuk keyless.

Langkah Piaggio untuk menghadirkan mesin baru ini, akan menggunakan mesin yang sama di berbagai platform. Mesin ini diharapkan akan dipakai pada beberapa model motor yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2022.

Piaggio menganggap pengembangan mesin baru ini, akan sangat bermanfaat bagi pengembangan produk di pasar Asia dan Eropa mengingat skuter kecil menjadi urat nadi mobilisasi di Asia.

Faktanya, di pasar Asia, beberapa pemain global dalam industri sepeda motor menghasilkan sebagian besar keuntungan mereka dari motor bercc kecil dan tidak mengherankan jika inovasi marak dimainkan untuk lebih diterima oleh masyarakat.(elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!