Rally Dakar 2022: Toyota Semakin Terdepan, Nasser Al Attiyah Leading Hingga 50 Menit

Jum'at, 07/01/2022 22:17 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Balapan marathon di Rally Dakar baru separoh jalan, masih panjang hingga finish pada 14 Januari 2022. Tapi, gelar juara paling potensial sudah berada di kokpit Toyota Hilux T1 besutan Nasser Al Attiyah.

Pereli Qatar andalan tim Toyota Gazoo Racing itu sebenarnya finish tercepat ke-10 pada Stage6 sejauh 650 km pada Jumat (7 Januari 2022).

Namun, ia justru menambah keunggulan waktu di kejuaraan umum lantaran pesaing utamanya dalam perebutan gelar, Sebastien Loeb (BRX Prodrive) justru finish di urutan 30 lantaran kendala navigasi.

Akibatnya tak hanya menjauh dari Al Attiyah dari sebelumnya 35 menjadi 50 menit di tabel hasil kejuaraan sementara, posisi Loeb di sebagai penantang terdekat Attiyah juga beraubah.

Posisi runner up yang ia huni beberpa hari kini beralih kepada pereli tan rumah Arab Saudi Yazeed Al Rajhi yang hari ini finish P3.

Ironisnya, pemenanga stage ini adalah Orlando Terranova (Argentina) yang tak lain adalah rekan satu tim Loeb di Bahrain Raid Xtreme.

Joki tim BRX lainnya, Nani Roma (Spanyol), pun sukses finish P5. Artinya mobil yang disiapkan Prodrive mumpuni untuk tim BRX, tapi jam terbang Loeb yang lebih banyak di WRC ketimbang Dakar bisa jadi faktor utama kesulitannya mengejar Attiyah.

Attiyah sendiri rutin tarung di Dakar sejak musim 2004 dengan hasil 3 kali jadi juara umum.

Meski unggul jauh, Attiyah tak ingin gegabah memasuki satu pekan kompetisi berikutnya. Pengalaman mengajarkannya kalau Dakar adalah Dakar karena banyak hal tak terduga mudah terjadi.

"Kami harus benar-benar cerdas mengatur strategi di hari-hari berikutnya. Tetapmengembangkan kecepatan tinggi, namun saat sama menghindari kesalahan. Terutama navigasi yang saat ini banyak menghambat peserta lain. Saya senang Matthieu (Baumel, navigator) sangat bagus menjalankan tugasnya. Dalam seminggu pertama tak ada masalah," kata Attiyah yang pekan selanjutnya akan tetap bertumpu pada kinerja Baumel di kursi sebelah.

Unggul 48 menit dri Rajhi dan 50 menit dari Loeb, jelas menguntungkan Attiyah. Ia hanya perlu memenej lomba hari ke hari dengan pengawasan ketat pada kinerja kedua lawan terdekattnya.

"Sama sekali belum ada jaminan juara di akhir etape. Kami tetap harus fokus, berhati-hati dan tetap kuat di sepanjang jalan," tegasnya.

Dua musuh utama Attiyah sejak dulu, Carlos Sainz Sr dan Stephane Peterhansel, masih tetap ikiut berkmpetisi tapi sudah tak mungkin menambah gelar juaranya di Dakar karena berbagai kesulitan sejak hari pertama lomba di gurun pasir Arab Saudi. (rnp)

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman