Rally Dakar 2022: Sebastien Loeb Menangi Stage 7, Toyota dan Nasser Al Attiyah Tak Goyah di Puncak Klasemen

Senin, 10/01/2022 01:28 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Setelah sehari istirahat, rombongan Rally Dakar 2022 kembali merambah perbukitan pasir Arab Saudi pada Minggu (9 Januari 2022) menempuh jarak 701 km. Hasilnya, 4 pereli papan tas berada di zona finish 4 Besar.

Pereli tim BRX Prodrive, Sebastien Loeb kembali ke posisi runner up kejuaraan umum setelah sebelumnya terlempar ke peringkat ke-3.

Pemegang rekor WRC dengan 9 trofi itu tercepat di Stage 7 dengan jarak tempuh 3 jam 9 menit 32 detik. Ia unggul atas joki tim Toyota Gazoo Racing Nasser Al Attiyah dengan marjin 5 menit 26 detik.

Dua pereli top lainnya dari tim Audi, Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel, sukses finish di urutan 3 dan 4.

Meski tak lagi bersaing dalam perebutan gelar, kedua pereli veteran itu tetap menggebu-gebu memulai pekan kedua lomba.

Motivasinya hanyalah menguji lebih jauh keandalan mobil listrik Audi RS q-tron yang baru kali ini berlaga di ajang Dakar.

Terpangkas 5 menit, tapi Al Attiyah masih unggul kuat di klasemen sementara kejuaraan umum dengan selisih waktu 44 menit 59 detik.

Loeb sendiri tak terlalu gembira dengan suksesnya di Stage 7. Jika tak ada kerusakan mesin seharusnya ia bisa memangaks jarak lebih bagus lagi terhadap rivalnya.

"Kami terkendala masalah mesin dalam 50 km terakhir jelang garis finish. Mesin hidup dan mati dan begitu seterusnya. Kami kehilangan banyak waktu di situ," ujar Loeb yang mengincar gelar pertamanya di ajang Dakar.

Sebaliknya dengan Al Attyah yang mengaku sejak awal memang tak ingin bermain menyerang. 

"Minggu kedua Dakar sangat berbeda. Kami baru akan menyerang pada etape berikutnya. Jika kami berada pada situasi bisa memenangan stage maka itu tak akan kmi biarkan berlalu. Tetapi saat ini prioritas kami adalah bermain cerdas untuk mengurangi resiko," ucap pereli asal Qatar tersebut.

Sangat jelas Al Attiyah ingin memenej keunggulan 45 menit saat ini agar bertahan hingga stage terakhir pada 14 Januari mendatang.

Beda dengan Loeb. Driver asal Prancis itu harus tetap agresif jika ingin meraih gelar. Namun, saat sama ia juga harus waspadai pereli tuan rumah Arab Saudi Yazeed Al Rajhi (Overdrive Toyota). Berada di peringkat 3 klasemen sementara kejuaraan, target Al Rajhi kini berubah.

Sudah terlalu jauh dari Al Attiyah (53 menit), kini yang dibidik adalah menduduki peringkat kedua di akhir lomba. Di belakang Loeb, Al Rajhi hanya tertinggal 8 menit.

"Hari ini kami gagal mengejar Seb, tapi esok adalah hari yang berbeda. Kami akan coba lagi," kata Al Rajhi yang turun dari P2 ke P3 karena hanya finish ke-5 di Stage7. 

Senin (10 Januari 2022), lomba berlangsung dalam jarak tempuh total 830 km. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman