Formula E Dikabarkan Banyak Ditinggalkan Tim Pabrikan, Maserati Justru Umumkan Siap Join 2023

Rabu, 12/01/2022 15:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Maserati telah mengumumkan bahwa mereka akan kembali ke balap single-seater Formula E, yang telah berlangsung selama 60 tahun itu.

Produsen mobil Italia ini, akan bergabung dengan seri balap all-electric Gen3 pada tahun 2023.

Keputusan ini, menandai merek Italia pertama yang masuk ke Formula E, serta merek kedua yang bersaing di bawah payung induk perusahaan Stellantis, setelah DS Automobiles, melansir Carscoops.

Meskipun ada kemungkinan bahwa Maserati pada akhirnya dapat mencapai status pabrikan, kemungkinan saat masuk mereka akan membentuk kemitraan dengan tim yang ada dan menggunakan powertrain DS.

Langkah ini sebagai bagian dari dorongan mereka, agar lebih cepat berkembang menuju elektrifikasi. Mobil yang mereka hadirkan disebut sebagai Folgore, atau "petir" dalam akselerasinya menuju mobil listrik.

Mobil-mobil yang rencananya akan mencakup varian full-electric, dimulai dari SUV Grecale, mobil sport GranTurismo dan GranCabrio, dan supercar MC20. Deretan mobil ini akan membuatnya ikut bersaing di pasar elektrifikasi.

Sebagai seri balap listrik utama, Formula E seharusnya menjadi tempat pengujian untuk teknologi EV masa depan, dan model entri level Maserati setidaknya akan menunjukkan kemampua mobil masa depannya dengan teknologi listrik, yang mereka kembangkan.

CEO Maserati, Davide Grasso mengatakan sudah saatnya inovasi yang lebih jauh dilakukan untuk model-model baru termasuk segmen mobil listrik untuk Formula E maupun mobil harian.

“Kami sangat bangga bisa kembali ke tempat kami berada sebagai protagonis di dunia balap. Kami didukung oleh semangat dan inovatif secara alami. Kami memiliki sejarah panjang keunggulan kelas dunia dalam persaingan dan kami siap untuk mendorong kinerja di masa depan," kata Grasso.

Maserati yakin mereka akan mampu bersaing di Formula E dengan Folgore, yang telah dikembangkan sesuai dengan ekspektasi paling murni dari brand dan sekaligus memperkenalkan dan mengangkat mobil listriknya.

"Itu sebabnya kami memutuskan untuk kembali balapan di Kejuaraan Dunia Formula E FIA, bertemu pelanggan kami di pusat kota dunia, membawa Trident maju ke masa depan," tuturnya.(elk)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060