Deg-Degan, Setiawan Santoso Bakal Melakoni Balap Ketahanan 6Hours di Yas Marina UEA!

Kamis, 20/01/2022 21:32 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pembalap mobil asal Surabaya, Setiawan Santoso kembali akan melakoni balapan internasionalnya dengan mengikuti Hankook 24Hours yang dilangsungkan di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat dan Sabtu (21-22/01/2022) esok.

Balapan kali ini, menurut Setiawan berbeda dengan kejuaraan yang diikuti pada 2019 lalu. Kali ini, ia akan turun di kelas GT3 dan berpartisipasi pada kejuaraan 6Hours Endurance dengan menggeber mobil Porsche 911 GT3 R (991 I).

"Rasanya campur aduk antara penasaran, kelegaan, dan ingin menikmati proses belajarnya karena balap endurance (ketahanan) ini hal baru buat saya," ujar Setiawan kepada mobilinanews.

Dari atmosfer sampai menggunakan mobil yang lebih powerfull sangat berbeda dibandingkan balapan sebelumnya.

"Race track Yas Marina juga hal baru dan ini pertama kali saya akan balapan di sini. Karena akan menggunakan mobil balap GT3, merupakan big step in all performance dibandingkan dengan balap kelas GT4 yang saya jalani pada 2019," tambah Setiawan.

Porsche yang dipakai Setiawan Santoso di ajang balap ketahanan 6 jam di Yas Marina. (foto: Aphit McKlein)

Menurutnya, untuk memberikan performa yang lebih baik pada balapan nanti, saat ini ia akan terus berlatih dan memanfaatkan sesi latihan untuk menunjang performanya bersama EBM Giga Racing.

"Saya mesti mempelajari karakter mobil karena ini hal baru. Juga lintasannya juga baru bagi saya," imbuhnya.

Tidak hanya penggunaan mobil balap, pada balapan ini juga harus menggunakan ban balap dari Hankook yang menjadi one make tire pada ajang balap ini.

"Penggunaan ban Hankook juga menjadi adaptasi baru bagi saya. Karena saya belum pernah pakai ban ini di balapan manapun," ungkap Setiawan.

Setiawan Santoso akan bertandem dengan pembalap Malaysia, Adrian D`Silva dan pembalap New Zealand, Reid Harker. (sya)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap