WRC 2022 Monte Carlo: Era Hybrid Dimulai, Awas Pereli dan Penonton Bisa Tersengat Listrik Loh!

Kamis, 20/01/2022 20:03 WIB

mobilinanews (Monaco) - Kamis (20 Januari 2022)  hari ini menjadi era baru di kejuaraan dunia reli berbarengan dengan dimulainya seri pembuka WRC 2022 Rally Monte Carlo di Monaco. Tak hanya tim dan pereli yang beradaptasi dengan regulasi baru ini tapi, juga penonton.

Di era sebelumnya banyak sekali pemandangan penonton berlarian membantu pereli yang celaka atau terbalik dengan mobilnya. Di era hybrid, itu tak bsia dilakukan sembarangan untuk keamanan penonton sendiri. Harus paham tata caranya agar niat baik menolong tidak justru mendatangkan malapetaka.

Setiap mobil besutan tim papan atas WRC tahun ini, bertenaga listrik yang punya resiko tersendiri saat celaka dibandingkan mobil konvensional. Untuk itu FIA pemegang hak komersial serial WRC dan promotor lokal akan terus mengkampanyekan keselamatan terkait reli dengan mobil hybrid ini lewat berbagai platform media.

"Semua mobil Rally1 (digunakan tim pabrikan) saat ini memiliki powertrain bertenaga listrik. Fans harus mengerti apa yang harus dilakukan saat mobil jenis ini mengalami kecelakaan atau insiden lain di lintasan. Itu terkait arus listrik tegangan tinggi yang dihasilkan mobil," kata Tim Maylon, Safety Director FIA.

FIA sendiri sudah menerbitkan panduan khusus dan langkah yang harus dilakukan penggemar reli atau petugas lintasan saat terjadi insiden.

Pemahaman pertama adalah simbol `HY` di kedua pintu mobil. Di situ bukan lagi nomor peserta (berada di kaca jendela). Simbol HY itu pertanda kalau mobil tersebut bertenaga hybrid.

Kemudian di kaca depan dan di sisi kedua pintu mobil akan ada lampu yang jadi petunjuk apakah aman didekati atau tidak. Jika menyala dengan warna hijau pekat berarti mobil itu aman didekati karena tidak menyalurkan listrik ke seluruh bodi mobil. Fans boleh menyentuh mobil ketika dalam kondisi berhenti.

"Tapi,jika menyala berkedip merah disertai alarm, itu artinya semua orang harus menjauh. Begitu pun jika tak ada warna hijau atau merah yang menyala, sebaiknya tidak mendekat. Jadi, pesan utamanya adalah melihat pakah ada simbol HY di pintu mobil atau tidak, setelah itu perhatikan warna lampu yang menyala di kaca depan dan kedua sisi mobil," kata Malyon.

Lantas, apa yang akan dilakukan pereli dan navigatornya saat ada insiden dan harus keluar dari mobil?

"Semua mobil Rally1 dilengkapi dengan dua pasang sarung tangan khusus yang mampu menahan aliran listrik sebesar 1000 Volt. Sarung tangan ini terletak pada posisi yang mudah diakses driver maupun co-pilot saat hendak keluar dari mobil," imbuhnya. (rnp)

 

 

 

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka