MotoGP 2022: Begini Persiapan Fabio Quartararo Menuju Tes di Malaysia dan Indonesia

Rabu, 26/01/2022 00:08 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Selain performa motor, pembalap MotoGP juga butuh kekuatan mental, fisik, skill, refelks dan nyali pada saat bersamaan. Itu semua bisa didapat dari latihan intensif motokros dan supermoto.

Hampir semua rider MotoGP menggunakan motokros dan supermoto sebagai ajang latihan jelang maupun selama kompetisi berlangsung.

Marc Marquez, misalnya, dikenal paling getol pakai metode supermoto dan motokros guna meningkatkan kemampuan refleks dan skill-nya.

Cidera mata diplopia yang ia derita sejak akhir tahun lalu, juga terjadi kala latihan di atas motor offroad itu.

Fabio Quartararo (Yamaha) juga mulai getol lakukan hal yang sama. Juara dunia MotoGP pertama asal Prancis ini menyiapkan diri secara khusus di Rocco Ranch di dekat Sirkuit Montmello, Spanyol.

Dua trek motokros dan supermoto pada ranch terkenal itu dijadikan Quartararo untuk persiapan khusus dan terakhir jelang winter tes di Malaysia dan Indonesia bulan Februari depan. 

Lewat MotoGP.com, juara dunia 2021 itu pun membagikan foto-fotonya saat beraksi di perbukitan maupun trek datar di Rocco's Ranch.

Sudah sangat jelas bahwa target Quartararo di musim 2022 adalah pertahankan gelar bersama Yamaha. Ia berjanji akan kerahkan semua kemampuan dan keberaniannya untuk menyumbang trofi kedua di atas Yamaha YZR-M1.

Namun, ia juga punya tuntutan yang tak mudah untuk dipenuhi Yamaha, yakni menambah power pada M1-nya agar bisa mengimbangi top speed Ducati yang gila-gilaan di trek lurus.

Hanya itu tuntutan Quartararo. Jika tak sesuai dengan kebutuhannya, ia pun sudah blak-blakan beri ancaman hengkang ke tim lain pada musim 2023.

"Agar lebih kompetitif, saya butuh tambahan power di M1. Itu yang akan menjamin saya masih bersama Yamaha di musim berikutnya," tegasnya.

Karena itu, Quartararo tak lagi sabar menanti winter test di Malaysia (5-6 Februari) dan di Sirkuit Mandalika, Indonesia (11-13 Februari). Ini menjadi tahapan penting baginya menilai apakah Yamaha sudah penuhi keinginannya.

Khusus untuk fans di Indonesia, ini juga kali pertama Quartararo punya kesempatan bertemu secara langsung. (rnp)

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan