MotoGP 2022: Pembalap Ruki Siap Unjuk Kebolehan Pada Sesi Test di Sepang, Duo KTM Istimewa!

Minggu, 30/01/2022 20:50 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Gelegar kompetisi MotoGP 2022 dimulai besok, Senin (31/1/ 2022) di Sirkuit Sepang, Malaysia. Tes perkenalan khusus bagi tester dan pembalap debutan yang masing-masing bawa daya tarik tersendiri. 

Para tester beken yang akan hadir di sini adalah Dani Pedrosa (KTM), Cal Crutchlow (Yamaha), Michele Pirro (Ducati) dan Sylvain Guintoli (Suzuki), plus Lorenzo Savadori untuk tim Aprilia.

Sedangkan pembalap debutan yang wajib tampil duet pembalap tim Tech3 KTM, Remy Gardner dan Raul Fernandez, yang dipromosikan KTM ke kelas utama setelah sukses tahun lalu sebagai juara dan runner up Moto2.

Kedua ruki asal Australia dan Spanyol itu akan berkompetisi raih catatan waktu terbaik bersama pembalap debutan Darryn Binder (RNF Yamaha), Marco Bezzecchi (VR46 Racing Ducati)), dan Fabio Di Giantonannini (Gresini Ducati). Semuanya datang dengan daya tarik tersendiri sehingga layak promosi ke level MotoGP.

Tapi, yang dimiliki Gardner dan Fernandez berbeda. Bukan hanya karena status P1 dan P2 pada Moto2 2021, tetapi juga spesifikasi motor yang bakal mereka besut.

Meski gabung di tim satelit KTM Tech3, keduanya dibekali RC16 2022 yang speknya sama dengan besutan rider pabrikan KTM seperti Miguel Oliveira dan Brad Binder. Para ruki lainnya besut motor spek tahun lalu.

Didukung penuh oleh pabrikan, potensi Gardner dan Hernandez bukan hanya berebut gelar Rookie of the Year 2022, tetapi saat sama juga bisa jadi ancaman buat rider pabrikan. Itu diakui oleh Oliveira. 

"Di Moto2 talenta dan potensi mereka sangat nyata. Kini kami hanya menunggu mereka tampil cepat di MotoGP, bahkan bisa jadi akan lebih cepat dari kami," katanya.

Kemungkinan itu jelas jadi kekhawatiran Oliveira dan Binder. Namun, keduanya melihat ada hal positif yang bisa dipetik jika Gardner dan Fernandez berikan ancaman.

"Saat mereka kencang, dengan sendirinya akan memotivasi dan melecut kami di tim pabrikan untuk lebih kencang lagi," tegas Binder.

Usai shakedown test, para ruki ini lanjutkan tes bersama seluruh rider MotoGP di sirkuit sama pada 5 dan 6 Februari. Di situ akan tampak seberapa besar potensi ancaman dari para ruki KTM terhadap Oliveira dan Binder.

Khusus buat Gardner dan Fernandez, tantangan lain yang tak kalah pelik adalah ancaman Pedro Acosta, pembalap muda Red Bull yang naik ke kelas Moto2 usai menjuarai Moto3 2021.

Anak Spanyol ini investasi mahal Red Bull. Jika Gardner dan Fernandez gagal beradaptasi dan mengkilat di Musim perdananya, tak mustahil Acosta akan menyodok posisi line up 2023. (rnp)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali