Bangun Pabrik Baterai Raksasa, Volvo Pasok Baterai Untuk 500 Ribu Mobil Listrik Per Tahun

Sabtu, 05/02/2022 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Geliat industri kendaraan listrik, semakin tinggi. Potensi masa depan yang cerah membuat pabrikan mobil asal Swedia, Volvo dan Northvolt mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik baterai baru di Gothenburg, Swedia, untuk melengkapi pusat R&D yang diumumkan pada bulan Desember mendatang.

Pabrik baterai untuk kendaraan listrik tersebut akan dibuka pada tahun 2025 dan akan dibangun dengan besaran investasi sebesar SEK 30 Miliar atau sekitar $3,2 miliar dengan nilai tukar saat ini.

Kepala Eksekutif Volvo Cars, Håkan Samuelsson mengatakan komitmen mereka menjadi bagian terdepan dalam pengembangan mobil listrik yang ramah untuk masyarakat global di tengah kemajuan teknologi saat ini.

“Kemitraan sel baterai kami dengan Northvolt adalah kunci ambisi strategis kami dalam elektrifikasi. Kami berkomitmen untuk menjadi pemimpin di segmen mobil listrik premium dan hanya menjual kendaraan listrik murni pada tahun 2030,” kata Håkan Samuelsson mengutip Carscoops.

Produksi berkelanjutan baterai akan menjadi prinsip utama pabrik, karena itu mereka akan fokus mendorong kapasitas energi terbarukan di wilayah tersebut. Pabrik baterai menjadi penting karena menjadi bagian besar dari dampak lingkungan manufaktur EV.

Pihak Volvo meyakini bahwa dengan memaksimalkan kinerja pabrik produksi secara mandiri pabrik, mereka berharap dapat membuat kendaraannya lebih hijau dan berkontribusi pada keberlangsungan lingkungan yang bersih.

“Pabrik baterai baru kami akan mendukung ambisi kami untuk memiliki jaringan manufaktur yang sepenuhnya netral terhadap iklim dan mengamankan pasokan baterai berkualitas tinggi untuk tahun-tahun mendatang,” ungkap Kepala Teknik dan Operasi Volvo Cars, Javier Varela.

Bagi Volvo pemilihan partner yang tepat juga menjadi kebutuhan riil mereka, untuk menjaga keberlangsungan pengembangan baterai dan produksi massal ke depan. Dan mereka telah memutuskan untuk menggandeng Northvolt

“Melalui kemitraan kami dengan Northvolt, kami juga akan mendapat manfaat besar dari rantai nilai baterai ujung-ke-ujung, dari bahan mentah hingga mobil lengkap, memastikan integrasi optimal di mobil kami,” tuturnya

Fasilitas pabrik baterai tersebut, akan memiliki kapasitas produksi sel tahunan potensial hingga 50gWh, yang akan memasok kebutuhan baterai sekitar 500 ribu kendaraan per tahun dan akan digunakan untuk kendaraan Volvo dan Polestar.

Pabrik tersebut akan bekerja bersama dengan pusat R&D baru yang akan beroperasi tahun ini dan juga dijalankan oleh Volvo dan Northvolt. Bersama mereka, Volvo akan akan mengembangkan baterai untuk EV dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan waktu pengisian yang cepat.

Pabrik baterai baru Volvo yang dijadwalkan akan berproduksi tahun 2025 itu, kabarnya akan membutuhkan hingga 3.000 pekerja untuk beroperasi dan akan menjadi salah satu lokasi manufaktur sel terbesar di Eropa.(elk)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y