Poedio Oetojo, Begawan Rally Indonesia Jadi Bintang Rally Official Seminar 2022 Hari Pertama

Sabtu, 05/02/2022 21:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Guna update regulasi terbaru serta proses transfer ilmu dari para suhu rally, dilangsungkan Rally Official Seminar 2022 digelar secara hybrid (offline dan online) dari Hotel Yello di kawasan Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan, pada Sabtu dan Minggu (5-6/2/2022).

Komunitas Rally Indonesia dan Asosiasi KENEKEERS (komunitas para co-driver atau navigator) bertindak sebagai inisitor sekaligus penyelenggara acara.  

Adi Wibowo, Ketua Panpel Rally Official Seminar 2022

Seminar ditujukan kepada penyelenggara, pereli, navigator, seluruh pendukung (officials) dan pecinta penggemar rally di Indonesia mendapat respon positif dengan puluhan peserta mengikuti secara online (via Zoom).

Tampil sebagai nara sumber di hari pertama hari ini diantaranya Lanang Damarjati (Ketua Komisi Rally), Adi Wibowo (Komisi Rally), Rulianto Katam (pengawas lomba), Fredi Rostiawan (penyelenggara event), Poedio Bintoro dan Poedio Oetojo (expert dan senior) hingga Anondo Eko selaku pelaku reli dan Ketua IMI Provinsi DKI Jakarta. 

Anondo Eko, Ketua IMI DKI dan navigator senior

Menurut Anondo Eko yang juga seorang navigator senior reli bahwa Rally Official Seminar 2022 kali ini sangat menarik, karena selain sharring, juga memberikan update terbaru terkait regulasi dan transfer ilmu dari para senior ke junior.

"Yang jelas, seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal juga berubah baik dari penyelenggaraan, peraturan hingga penggunaan teknologi terbaru di ajang rally," ungkap Anondo Eko kepada mobiilinanews.

Bintang dari seminar rally hari ini tak lain dan tak bukan adalah Poedio Oetojo, sosok penggiat rally yang boleh dibilang sebagai "mbah google rally di Indonesia." 

Antusias, peserta ROS 2022 offline di hotel Yello Jakarta

Setelah menyampaikan beragam materi penting seputar teknis lomba, cara membaca aturan tertulis, syarat suatu event rally hingga disisipi paparan tentang pengalaman hidupnya dalam membangun peraturan rally di tengah keterbatasan informasi di masa era akhir 70-an. 

Kerja kerasnya itu, akhirnya membuahkan hasil dan menjadi panutan pelaku dan komunitas rally di Indonesia.

Fredi Ojo, penyelenggara event

Nyaris tak tergantikan di usianya jelang 80 tahun, mas Oet - begitu biasa disapa - merasa tetap muda dengan paparannya tentang How Aboiut Rally yang tajam dan menukik sehingga memberi pencerahan kepada yang muda-muda.

Mobilinanews yang sempat join via Zoom menyampaikan satu pertanyaan ; bagaimana kiat sukses dan siapa bakal penerus Mas Oet sebagai begawan Rally Indonesia yang menjadi panutan terkait regulasi dan pimpinan lomba, perokok aktif, kalem namun tegas ini menyampaikan hal ini.

Gaya berkomunikasi santai Poedio Oetojo, bagawan rally Indonesia

"Siapapun bisa menjadi saya atau meneruskan apa yang telah saya lakukan untuk olahraga rally ini. Yang penting, mau berkorban, punya waktu, passion dan totalitas memperjuangkan perkembangan rally Indonesia, terutama dari sisi regulasi dan penyelenggaraan," ungkap mas Oet.

Hari kedua Minggu besok, akan membahas Safety Plan, Timing System & Result Rally serta Sharing Experience Co-Driver with 2021 National Championship. (bs)

Itinery Rally Official Seminar 2022 :

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali