Testimoni Pembalap Usai Tes Pramusim MotoGP 2022 Hari Pertama di Sirkuit Mandalika

Sabtu, 12/02/2022 01:48 WIB

mobilinanews (Lombok) - Hari pertama tes pramusim yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (11/2/2022) berhasil memberikan impresi yang begitu kuat bagi para pembalap MotoGP.

Meski secara teknis sesi pertama dari tes pramusim ini sempat dihentikan karena kondisi track yang begitu kotor, namun setelah lintasan dibersihkan para pembalap ini sukses menaklukkan setiap sektor sirkuit tersebut.

Usai melakoni tes seharian, Marc Marquez, pembalap Repsol Honda Team, menjelaskan bahwa memang ada beberapa sektor yang sangat disukai dari lintasan tersebut. Namun, secara jelas ia juga menyampaikan sektor mana yang tidak ia kuasai.

"Saya sangat suka pada tikungan pertama, begitu pula pada tikungan ketiga dan keempat, saya juga menyukainya. Tapi di tikungan kedua, saya tidak menyukainya, karena ini sangat cepat dan begitu bumpy dan saya akan mengabiskan waktu di sana," ujar Marquez, melalui video yang dirilis MotoGP.

Sementara itu, pembalap Suzuki ECSTAR, Alex Rins, memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, meski harus ada penyempurnaan di beberapa sektor, namun ia menyukai karakter yang ditampilkan pada sirkuit sepanjang 4,32 kilometer ini.

"Sirkuit Mandalika saya sangat menyukainya, ini adalah track yang bagus karena memiliki lay out yang tidak bisa dipercaya. Meski sedikit lebih kotor, tapi itu memang membutuhkan perhatian yang lebih detail," jelas Alex Rins.

"Tapi secara keseluruhan, saya sangat senang karena pada hari pertama ini kita bisa mempelajari track ini, tidak terlalu banyak hal, karena itu yang akan kita pakai untuk mempelajari lintasan, line lap per lap untuk mendapatkan banyak grip, dan hari ini adalah hari yang baik," tambahnya.

Sebagai Juara Dunia MotoGP 2021, pembalap Monster Yamaha, juga turut menyampaikan kesannya terhadap sirkuit tersebut. Menurut pembalap Prancis, sirkuit ini memadukan beberapa sirkuit yang dijadikan satu oleh arsiteknya.

"Saya pikir ini seperti sirkuit Qatar dan Thailand, dan ada sedikit mirip dengan Argentina di akhir lintasan karena menggunakan rem yang begitu besar di ujung dan saya rasa ini adalah percampuran yang baik untuk setiap tikungan," tandas Quartararo. (sya)

TERKINI
Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang