Tes Pramusim MotoGP 2022 Mandalika: Terindikasi Covid-19, Kru Suzuki Masuk Karantina

Sabtu, 12/02/2022 21:20 WIB

mobilinanews (Lombok) - Kabar tak nyaman datang dari garasi tim pabrikan Suzuki pada hari kedua tes pra musim di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12 Februari 2022). Beberapa kru tim Joan Mir harus menepi dan diisolasi.

Kondisi sirkuit yang jauh lebih baik dibandingkan kemarin tak bisa dimaksimalkan Mir sang juara dunia MotoGP 2020. Rencana lanjutan pengembangan pasca tes Sepang sedikit terganggu karena beberapa kru timnya gagal melewati rapid test (antigen) saat pemeriksaan di sirkuit. Semuanya reaktif.

Karena itu semuanya harus jalani PCR untuk memastikan positif atau tidaknya. Selama menunggu hasil PCR, semuanya harus dikarantina sesuai peraturan.

Kejadian itu jelas membuat Mir shock. Harinya terasa kian suram saat ia pun alami kecelakaan di trek Mandalika. Ini membuat rider Spanyol itu hanya bisa melahap latihan sebanyak 47 laps. Bandingkan dengan rider Suzuki lainnya, Alex Rins, yang tuntaskan 73 laps.

Meski begitu, Mir bisa masuk 5 Besar tercepat di hari kedua tes, sedangkan Rins terdampar di P13. Mir hanya kalah 0,2 detik dari Luca Marini (VR46 Racing Team/Ducati) yang jadi pembalap tercepat, 1:31,289, di atas Ducati 2022 spek pabrikan.

Mir akui tanpa sejumlah kru kunci di sampingnya, program tes yang direncanakan sedikit terganggu. Tanpa kru tersebut, dampaknya bukan hanya kepada dirinya pribadi tetapi juga program yang disiapkan tim.

Untuk lanjutan pengembangan elektronik pada GSX-RR miliknya, misalnya, tak jalan sesuai rencana. 

"Kehilangan kru yang harus diisolasi dan kecelakaan membuat hari ini sangat sibuk. Tapi, secara keseluruhan saya senang dengan hasil hari ini. Besok akan kami lanjutkan," ujar Mir yang sangat berharap krunya benar-benar bebas dari virus Covid-19.

Hal sama dilayangkan Rins. Ia puas meski tercepat di peringkat 17. Yang penting, katanya, hari ini ada kemajuan signifikan baik dari aspek pengenalannya pada karakter sirkuit maupun perkembangan teknis motornya.

"Saya batalkan rencana memburu lap terbaik karena saya lihat ada gerimis. Ini baru tes, jadi tak perlu ambil resiko," kilahnya. 

Seperti tim lain, sesi Minggu (13/2/2022) adalah saat penentuan untuk gunakan paket final motor masing-masing ke musim 2022 dan juga basis set up untuk GP Indonesia bulan depan.

"Kami bisa lebih relaks karena besok tinggal memperbandingkan data yang satu dengan yang lain dan ambil keputusan," imbuh Ken Kawauchi, Manager Teknik Suzuki. (rnp)

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman