Apresiasi 2 Juta Unit Ekspor Toyota, Jokowi Lepas Pengiriman Toyota Fortuner ke Australia

Selasa, 15/02/2022 15:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau kegiatan produksi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).

Presiden Jokowi mengapresiasi Toyota Indonesia, karena telah berhasil mencatatkan pencapaian volume ekspor 2 juta unit secara kumulatif sekaligus melepas ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia.

Pencapaian ekspor kendaraan utuh Toyota dari Indonesia yang telah mencapai 2 juta unit secara akumulatif ini dicapai melalui konsistensi serta proses yang panjang untuk terus menerus meningkatkan daya saing produk, sehingga mendapatkan kepercayaan dari pasar global.

Bagi Toyota, perkembangan industri otomotif nasional yang bergerak dari impor hingga awal tahun 1970-an, diikuti dengan produksi dengan komponen lokal kemudian menjadi basis produksi dan ekspor dan kini memasuki tahapan pengembangan ekspor. Sejak 2018, Toyota Indonesia telah mencapai ekspor 1 juta unit.

Presiden Direktur TMMIN, mengugnkapkan Warih Andang Tjahjono, ekspor perdana Toyota ke Australia merupakan tonggak sejarah baru, karena ekspor Toyota Fortuner buatan Karawang ke Negeri Kangguru yang mulai bergulir pada Maret 2022 ini, merupakan produk pertama dari Indonesia yang akan mengaspal di Australia.

“Pencapaian kumulatif 2 juta unit ekspor dan ekspor perdana kendaraan utuh Toyota ke Australia merupakan bagian dari upaya kami berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional Indonesia termasuk dalam menjaga neraca perdagangan yang positif," tuturnya.

Toyota berkomitman untuk terus meningkatkan daya saing dalam meraih kepercayaan dari pasar global dalam aktivitas ekspor. Pencapaian ini tidak dapat terjadi tanpa dukungan dari semua pihak kepada industri otomotif, terutama pemerintah sebagai partner mereka.

Toyota mengapresiasi pemerintah Indonesia yang telah memberikan dukungan, melalui kerjasama bilateral dan multilateral seperti kerjasama dengan Australia melalui IA-CEPA, sehingga ekspor kendaraan ini bisa berlangsung denag lancar dan mereka mampu mecatata ekspor 2 juta unit, selama kiprahnya di Nusantara.

"Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa terus meningkatkan performa ekspor, dengan memproduksi kendaraan berkualitas dan berdaya saing tinggi agar bersaing di pasar global," ungkap Warih.(elk)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo