Mantan Ketum IMI, Sadikin Aksa : F1 Bisa Digelar Di Sirkuit International Mandalika!

Rabu, 23/02/2022 02:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat selain dipakai untuk ajang balap motor World Superbike (WSBK), dan juga MotoGP yang akan dihelat 18-20 Maret 2022 mendatang, juga bisa dipakai untuk balap mobil (roda empat).

"Iya, semua sirkuit MotoGP di seluruh dunia, yang saya tahu juga bisa dipakai ajang balap mobil, termasuk F1. Tapi, sirkuit F1 belum tentu bisa untuk balap MotoGP,'?" ungkap Sadikin Aksa, Waketum Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat belum lama ini. 

Menurut Ikin - panggilan akrabnya - dengan demikian sirkuit Mandalika juga bisa dipakai untuk gelaran balap mobil termasuk F1.

"Pasti bisa untuk F1 di sirkuit Mandalika. Termasuk balap GT3, sudah pasti bisa. Apalagi Mandalika kabarnya telah mendapat homologasi sirkuit Grade A," terang Ikin yang dipercaya sebagai Chief Racing Committee pada gelaran WSBK di sirkuit Mandalika, November lalu.

Hanya saja, diakui Ikin yang baru ditunjuk sebagai Honour Advisor FIM Asia, wajar saja jika ada sedikit penyesuaian pada sirkuit, di tikungan misalnya, lalu  perluasan gravel area yang lebih untuk faktor safety.

Namun begitu, tidak perlu sampai merubah lay out sirkuit yang sudah ada. Melainkan jika diperlukan lebih sebagai optional agar sirkuit Mandalika selain MotoGP, juga bisa untuk gelaran F1.

"Sirkuit di luar negeri, bahkan banyak dibuat perpotongan misalnya panjang 4 km menjadi 2 km khusus untuk balapan motor dengan cc kecil (underbone)," lanjut mantan Ketum IMI Pusat itu.

Satu hal lagi, lanjutnya, dan cukup krusial untuk sirkuit Mandalika yakni harus dipilih jenis serta kualitas aspal yang secara spec bisa untuk balap MotoGP dan F1.

"Dengan bahasa lebih sederhana, aspalnya harus diperkuat lagi, dilapisi lagi. Karena secara logika, bobot motor dan mobil kan berbeda. Untuk balap mobil F1 dengan bobot hampir 1 ton, kuat gak aspal untuk menahan beban mobil dengan kecepatan 300 km/jam. Jadi aspal sangat penting di Mandalika," pungkas Ikin. (bs)

       

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!