Gara-Gara Milan Fashion Week, Pereli Pewaris Bisnis Prada Ini Gagal Coba Rally1 di WRC Swedia 2022

Senin, 21/02/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Meski prestasinya tak terlalu menonjol di kancah reli mobil dunia, nama Lorenzo Bertelli sangat dikenal di ajang reli dunia. Tak lain karena ia pewaris takhta Prada, fashion brand papan atas dunia.

Ia sudah dikenal sejak masa yunior hingga kejuaraan dunia WRC2 beberapa tahun silam. Seangkatan dengan pereli Indonesia Subhan Aksa. Dari segi prestasi, ia acap kalah dari Subhan.

Bedanya, Bertelli bisa cicipi laga kelas utama World Rally Championship (WRC) meski bukan sebagai pereli regular. Musim 2011 ia lakoni debut di atas mobil WRC di Rally Italia. Tahun lalu ia juga tampil di Rally Safari, ajang reli terkenal dan satu-satunya di benua Afrika (Kenya).

Sebenarnya Bertelli juga terdaftar sebagai peserta seri kedua WRC 2022 di Rally Swedia akhir pekan ini. Pemuda 33 tahun itu masuk skuad tim pabrikan M-Sport Ford.

Ini kesempatan perdananya menjajal mobil hybrid Rally1 yang diperkenalkan FIA mulai tahun ini. Ini juga kesempatan Bertelli mencicipi lintasan es dan salju Swedia di atas mobil spesifikasi WRC.

Tapi, semua rencana itu berantakan. Bertelli harus bersabar untuk menjajal Puma Rally1 yang bulan lalu menjadi juara Rally Monte Carlo dengan driver legendaris Sebastien Loeb.

Sayang memang. Tapi, Bertelli kali ini tak bisa menampik kehendak keluarga. Sebagai pewaris, ia sudah berkomitmen untuk prioritaskan bisnis keluarga dibandingkan reli mobil. Tak lain karena Rally Swedia bentrok dengan penyelenggaraan Milan Fashion Week, salah satu kalender fashion show terbesar di dunia.

Event tahunan itu penting bagi keluarga Bertelli tak lain karena terkait merek Prada. Produsen produk fashion terkenal itu berpusat di Milan. Karena itu bisa dibilang Prada adalah tuan rumah.

Ini berpengaruh langsung karena Bertelli tak lagi bisa mengabaikan bisnis keluarga yang dirintis Mario Prada pada 1913 itu.

Bisnis itu kini dikendalikan cucu perempuan Mario, yakni Miuccia Prada yang juga seorang desainer top Italia. Ia menikah dengan Patrizio Bertelli yang hingga sekarang menjabat sebagai CEO Prada.

Pasangan yang mulai sepuh inilah yang melahirkan Lorenzo Bertelli dan mendapuk sang putra sebagai penerus bisnis keluarga.

Dikabarkan sudah ada komitmen bersama bahwa Bertelli akan prioritaskan bisnis keluarga dibandingkan reli mobil jika waktunya bersamaan.

Itulah yang terjadi saat ini karena fashion show akbar itu berlangsung 22-28 Februari. Bentrok dengan seri WRC di Swedia pada 24-27 Februari 2022.

Tak ada yang bisa dilakukan Bertelli kecuali minta maaf kepada tim M-Sport Ford sembari menyesali kegagalan menjajal mobil Rally1 yang mengawali era hybrid di kancah WRC.

Baik Bertelli maupun tim M-Sport Ford akhirnya sepakat untuk mencarikan seri lain untuk Bertelli pada musim 2022.

Tapi, sejauh ini belum ada ganbaran karena ia bukan pereli regular. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060