WRC 2022 Swedia: Perang Terbuka Toyota vs Hyundai, Siapa Lebih Cepat Kalle Rovanpera Atau Thierry Neuville?

Sabtu, 26/02/2022 01:40 WIB

mobilinanews (Swedia) - Tanpa para pereli legendari Sebastien Loeb dan Sebastien Ogier di seripembuka Rally Monte Carlo bulan lalu, seri kedua di Rally Swedia pekan ini sepenuhnya jadi milik para pereli tim Toyota dan Hyundai. Dua pereli muda binaan kedua tim ini jadi perbincangan.

Dari 7 Special Stage (SS) sepanjang Jumat (25-2-2022) yang berlangsung hingga petang atau Sabtu (26-2-2022) WIB, seluruhnya dimenangi para driver tim Toyota Gazoo Racing dan Hyundai. Tak ada besutan M-Sport Ford yang jadi tercepat, seperti dominasi mereka di Monte Carlo dan menjadikan Loeb sebagai juara.

Tanpa Ogier yang juara dunia WRC 2021, skuad Toyota ke lintasan es dan salju Swedia dipimpin oleh Elfyn Evans (Inggris) dengan pendamping driver muda Finlandia Kalle Rovanpera, Takamoto Katsuta (Jepang) dan Esapekka Lappi (Finlandia). Hyundai hadir dengan duet senior Ott Tanak (Estonia) dan Thierry Neuville (Belgia) dengan mobil ketiga dibesut Oliver Solberg (Norwegia) yang berumur 20 tahun.

Tanpa Loeb, tim M-Sport Ford dengan andalan Craig Breen (Irlandia), Gus Greensmith (Inggris), dan Adrien Fourmaux (Prancis). Sayang, baru di SS2, langkah Breen sudah terhenti akibat kecelakaan besar yang terpaksa hadirkan bendera merah untuk menolongnya.

Hingga SS6, duel tercepat di setiap SS bergantian diraih para joki Hyundai dan Toyota. Dibuka oleh Tnaka di SS pembuka, dan kemudina disusul pada SS berikutnyaolehlappi, Rovanpera, Evans, Tanak lagi dan Neuville.

Skor sementara 3-3 antara Toyota dan Hyundai dengan hasil kejuaraan umum dipimpin sementara oleh Evan dengan total waktu 50 menit 29,6 detik. Ia hanya unggul 1,1 detik atas Tanak di peringkat kedua. Tanak pun hanya unggul 1,1 detikatas Lappi di peringkat 3.

Di SS7 atau terakhir pada hari pertama, pimpinan sementara dibuka oleh Rovanpera dengan catatan waktu  3 menit 36,2 detik untuk jarak 5,53 km di SS7.

"Saya coba mengemudi lebih cerdas di SS ini dengan menjaga kinerja ban. Banyak sekali bongkahan es, membuat Anda sulit mengembangkan kecepatan. Mari lihat saja seberapa bagus catatan waktu ini," kata Rovanpera saat tiba di pos finish SS7.

Dan, ternyata catatan waktu itu tak ada yang bisa melampauinya hingga selesai lomba. Neuville menjadi lawan terdekatnya dengan seliaih 1,1 detik saja. Sukses kali kedua tercepat Rovanpera membuat Toyota unggul 4-3 versus Hyundai.

Tapi, fakta itu tak cukup membuat pereli Toyota memimpin kejuaraan umum sementara. Evans yang berada dipuncak kejuaraan usai SS6, ternyata apes di SS7 dan hanya finish di posisi 7 tercepat dengan kerugian 9,1 detik.

Hasil ini membuat kompisisi di papan atas kejuaraan umum sementara berubah. Neuville berada di P1 dengan total waktu 1 jam 2 menit dan 31,2 detik. Unggul 4,2 detik atas Rovanpera di posisi kedua, sementara Evans turun ke peringkat ketiga. Di posisi 4 dan 5 terdapat Lappi dan Solberg.

Dengan alasan yang belum terkonfirmasi, juara dunia WRC 2019 Ott Tanak tidak turun berlomba di SS7 setelah sebelumnya terpuruk dan finish pada urutan 28 di SS6. 

Sabtu (26-2-2022) lomba berlangsung dalam 6 SpecialStage dari SS8 hingga 15. Masih belangsung di medan salju dan es. Bisa ditebak pertarungan di papan atas masih akan berlangsung antara Hyundai dan Toyota. Bisa jadi perang lanjutan antara Rovanpera (21 tahun) dengan Neuville yang sudah 33 tahun. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali