WRC 2022 Rally Swedia: Kalle Rovanpera Tolak Selebrasi Sebagai Bentuk Empati Ukraina!

Minggu, 27/02/2022 20:33 WIB

mobilinanews (Swedia) - Tak salah kalau Finlandia menempatkan Kalle Rovanpera sebagai pereli unggulan untuk mengembalikan negeri itu kembali ke puncak kejuaraan reli mobil dunia.

Mengikuti nama besar bapaknya, Harri Rovanpera, dan nama tenar lainnya macam Timo dan Tommy Makkinen, Hannu Mikola, dan Juha Kankkunen.

Sepak terjang Rovanpera tampak semakin nyata saat keluar sebagai juara seri kedua WRC 2022 di Swedia, Minggu (27 Februari 2022).

Bersama tim Toyota Gazoo Racing di atas Yaris Rally1, Rovanpera menutup kejuaraan dengan keunggulan 22 detik atas pereli tim Hyundai Thierry Neuville, yang mendapat jatah P2 akibat pereli Toyota lainnya, Elfyn Evans, mengalami kecelakaan di SS16 dan gagal melanjutkan lomba.

Rovanpera memenangi SS16 itu. Namun setelah mengetahui rekan setimnya out, pereli usia 21 tahun itu kendurkan serangan dengan prinsip safety first. Soalnya, keunggulan waktunya dengan Neuville dan pereli lainnya sudah sangat jauh dan praktis ia hanya perlu memenej kecepatan pada 3 SS terakhir.

Tanpa Evans yang sesungguhnya pereli utama dalam line up Toyota, namun pabrikan Jepang ini masih menunjukkan dominasinya di WRC. Posisi 3 dan 4 Rally Swedia ditempati dua pereli Toyota lainnya, Esapekka Lappi dan Takamoto Katsuta.

Sebaliknya bagi Hyundai, hasil akhir Rally Swedia kudu jadi bahan evaluasi kekuatan pabrikan Korea itu beradaptasi dengan era hibrida yang musim ini diberlakukan FIA di ajang World Rally Championship. Apalagi di trek aspal seri Monte Carlo lalu performa Hyundai pun kalah bersaing.

"Saya benar-benar tak menyangka kami bisa tampil sebagus ini. Medannya sangat sulit, terutama saat saya harus start membuka jalan pada sesi Jumat. Mobil sangat bagus sepanjang lomba dan saya semakin percaya diri saat ini," kata Rovanpera yang sudah ikuti berbagai kejuaraan reli sejak usia 15 tahun.

"Saya senang, tapi saya tak ingin merayakannya saat ini. Ini adalah minggu yang sangat sulit bagi orang-orang di Ukraina (yang tengah berperang melawan invasi Rusia). Saya berharap mereka semua dapat menemukan kekuatan dan harapan di masa sangat sulit ini," imbuhnya.

Ini kali ketiga Rovanpera memenangi seri lomba WRC sejak dipromosikan Toyota ke tim pabrikan pada 2020 lalu.

Tahun lalu ia menang di seri Estonia dan Yunani, sekaligus mencatatkan diri sebagai pereli termuda yang sukses memenangi sebuah SS di level WRC.

Hasil ini membuat Rovanpera menduduki posisi puncak klasemen sementara kejuaraan WRC 2022 dengan total poin 46 karena di Rally Monte Carlo lalu ia finish P4. Neuvile menguntitnya di peringkat 2 dengan poin 32. Posisi ketiga ditempati Sebastien Loeb (M-Sport Ford) yang menjuarai Monte Carlo dan tak ikut berlomba di Rally Swedia.

Di kejuaraan konstruktor, Toyota perkuat posisi dengan total poin 83. Diikuti Hyundai dengan nilai 59 dan Ford dengan poin 47.

Tiga kemenangan dan pastinya akan disusul kemenangan lain di sisa karirnya yang masih sangat panjang, nama Kalle Rovanpera mulai masuk jajaran The Flying Finn, julukan yang disematkan kepada atlet Finlandia yang berjaya di cabang olahraga berbasis kecepatan, terutama reli mobil dan Formula 1.

Di ajang reli mobil sudah banyak sekali pereli Finlandia yang berjaya. Di balap Formula One juga demikian, Mika Hakkinen dan Kimi Raikkonen adalah The Flying Finn di era balap F1 modern. (rnp)

KLASEMEN WRC 2022 USAI RALLY SWEDIA

1. Kalle Rovanpera (Toyota/46), 2. Thierry Neuville (Hyundai/32), 3. Sebastien Loeb (M-Sport Ford/27), 4. Gus Greensmith (M-Sport Ford/20), 5. Sebastien Loeb (absen di Swedia/Toyota/19), dan Takamoto Katsuta (Toyota/18)

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!