Buntut Serang Ukraina, Perusahaan AS Hentikan Kontrak F1 di Rusia

Jum'at, 04/03/2022 03:08 WIB

mobilinanews (Inggris) - FIA terkesan lembek, perusahaan AS justru lebih galak menyikapi invasi militer Rusia ke Ukraina. Langsung putuskan kontrak dengan promotor GP Rusia.

Sejauh ini pernyataan FIA tampaknya memang tak setegas FIFA (Federasi Sepakbola Dunia). Ketika pembalap Max Verstappen dan Sebastian Vettel dengan tegas memboikot GP Rusia pada September mendatang, FIA hanya bikin pernyataan halus 'tak mungkin menggelar GP Rusia dalam kondisi saat ini'.

Lain halnya dengan pihak Formula One sebagai operator penyelenggaraan balap F1. Perusahaan ini merupakan kepanjangan tangan dari Liberty Media, perusahaan asal AS yang mengambil alih kekuasaan Bernie Ecclestone sebagai promotor dan pemegang hak komersial F1.

Kamis (3-3-2022), Formula One bertindak tegas dengan memutuskan kontrak dengan Rosgonski, perusahaan Rusia yang menjadi promotor lokal GP Rusia. Isinya menghentikan kontrak berjalan yang harusnya selesai pada musim 2025. Penyebabnya jelas, serangan militer Rusis ke Ukraina. Kontrak dengan perusahaan Rusia lainnya, VTB Group, sebagai main sponsor GP Rusia jugabturut batal.

"Penghentian ini berarti tak akan ada lagi balapan (F1) di Rusia pada masa mendatang," tulis pernyataan resmi Formula One yang dikomandani Stefano Domenicali, mantan Team Principal Ferrari.

GP Rusia di Sirkuit Sochi yang menyatu dengan kompleks Olimpade merupakan salah satu sirkuit modern F1 yang didesain Hermann Tilke. Trek ini menggelar F1 sejak 2014. Pada 2017 diperpanjang kontraknya untuk 8 tahun sekaligus hingga 2025.

Sejak 2014 itu semua gelar juara GP Rusia diborong tim Mercedes dengan pemenang terbanyak adalah Lewis Hamilton. Hamilton sendiri yang acap bicara soal persatuan dan perdamaian, sejauh ini belum keluarkan pernyataan apa pun soal Rusia - Ukraina. Padahal, negaranya sendiri (Inggris) sudah mengeluarkan larangan seluruh atlet Rusia dan Belarusia bertanding di bumi Inggris. (rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman