Sentul Direnovasi, Alvin Bahar Siap Bikin Sprint Race Di Sirkuit Kecil

Kamis, 10/12/2015 21:16 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Apa yang akan dilakukan komunitas balap kalau nanti sirkuit Sentul Internasional Bogor jadi direnovasi? Mencoba balap di sirkuit yang lebih kecil.

Seperti yang akan dilakukan Alvin Bahar, juara nasional 6 kali Indonesia Touring Car Champhionship (ITCC). “Saya akan mencoba balap di sirkuit yang lebih kecil. Tapi karena lebar dan panjangnya terbatas, maka akan menggelar Sprint Race tapi sistem Time Attack,” ujar Alvin kepada mobilinanews.

Dengan sistem itu, pebalap dimungkinkan hanya akan balap sendirian. Lalu, diambil waktunya  misalnya untuk mendapatkan 30 besar pada race day pada hari Minggu. Seleksi atau kualifikasi sudah bisa dilakukan sejak Jumat dan Sabtu.

“Nanti pas race day, yang urutan 30 yang dilepas pertama dan seterusnya. Dengan sistem Time Attack (balap sendirian) tetap menarik sebagai sebuah kompetisi, bisa main di sirkuit kecil serta tidak merusak aspal,” lanjutnya.

Kalau Alvin perlu mengangkat konsep ini, karena tidak ingin komunitas balap utamanya Honda Jazz dan Honda Brio harus “menganggur” sekitar 1,5 tahun menunggu proses renovasi sirkuit Sentul Internasional rampung.

“Terutama komunitas Honda Brio, kuatir kalau tidak ada balap nanti mobilnya kembali dibikin standar dan tidak lagi membalap. Maka kalau tetap ada balap, nanti setelah renov Sentul kelar, lebih semangat membalap di sirkuit internasional itu,” tutur pebalap senior itu.

Soal sirkuit mana yang akan dipakai, andalan tim Honda Racing itu masih menginventarisir. Namun akan diutamakan yang di pulau Jawa. Sentul International Karting Circuit (SICK) bisa menjadi pilihan. Apalagi juga pernah dipakai ajang balap mobil.
Tapi tidak menutup kemungkinan melirik sirkuit Kalan di Samarinda (Kalimantan Timur) dan sirkuit Balipat, Binuang (Kalimantan Selatan).

“Kami akan coba jajaki dulu. Yang jelas, Sprint Race bisa diwujudkan jika benar-benar sirkuit Sentul direnovasi untuk kepentingan MotoGP 2017,” tukas Alvin.

TERKINI
PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya