Pertumbuhan Bisnis mobil88 Flat di 2015

Jum'at, 11/12/2015 16:43 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Melemahnya perekonomian Indonesia di 2015 berimbas pada turunnya daya beli masyarakat. Termasuk juga daya beli kendaraan khususnya roda empat. Kondisi ini juga memberikan efek domino kepada bisnis penjualan mobil bekas.

Dari pengakuan salah satu COO perusahaan penyedia mobil bekas terbesar di Indonesia, mobil88, tahun ini bisnis mobil seken secara keseluruhan mengalami penurunan hingga mencapai 20%.

"Tidak seperti mobil baru yang punya data dari asosiasi, kalau mobil bekas atau seken tidak ada. Tapi dari hasil kita ngobrol-ngobrol dengan teman-teman sesama pemain mobil seken, memang ada penurunan sampai 20%," beber Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer mobil88, Kamis (10/12).

Akan tetapi penurunan tersebut justru tidak terjadi pada mobil88, walaupun hasil yang dicapai tahun ini juga tidak seperti yang diharapkan.

"Bicara hasil pencapaian mobil88 tahun ini kita flat, tidak naik dan juga tidak turun, sama seperti tahun lalu di angka penjualan mencapai 20.000 unit. Tapi ini meleset dari apa yang kita harapkan, karena awalnya kita menargetkan pertumbuhan 20-25%," sambung Fischer. "Tapi setidaknya kita tidak turun."

Menurutnya keberhasilan mobil88 mempertahankan hasil ini karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh mobil88 dibanding perusahaan jual-beli mobil bekas lainnya.

"Kenapa kami bisa bertahan? Kuncinya karena kami bisa berikan value lebih dibanding pemain lainnya. Salah satunya buku garansi. Kami satu-satunya perusahaan penyedia mobil bekas berkualitas yang setiap unitnya dilengkapi dengan buku garansi. Ini yang membuat konsumen mobil bekas percaya kepada kami," jelas pria yang punya potongan tubuh seperti militer ini.

Belajar dari tahun ini, Fischer melihat peluang usaha jual-beli mobil bekas/seken di tahun depan tidak akan bergerak jauh. "Tahun depan semua melihatnya sama, pasar tetap stagnan. Mungkin dari kami tinggal menyiasati dengan memberikan value-value lain yang akan lebih menguntungkan konsumen kami. Mungkin tahun ini kami baru garansi dari sisi dokumen dan surat-surat kendaraan yang kami jual, tahun depan bisa jadi kita juga akan memberikan garansi dari sektor perawatannya," pungkasnya.

Menyambut akhir tahun 2015 ini, mobil88 akan menggelar program Year End Sale (YES) di tiga kota besar, Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pameran berlangsung 2 hari, 12-13 Desember 2015 dengan menghadirkan sekitar 700 unit kendaraan bekas berkualitas bagi konsumen yang butuh kendaraan di akhir tahun ini.

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan