F1 2022 Bahrain: Nico Hulkenberg Spesialis Pengganti Pembalap Terpapar Covid, Kali Ini Sebastian Vettel!

Jum'at, 18/03/2022 00:12 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Covid-19 masih saja menghantui para pembalap F1. Daniel Ricciardo (McLaren) harus kehilangan sesi penting winter test Bahrain gara-gara virus maut itu. Kini yang menyusul jadi korban adalah juara dunia 4 kali Sebastien Vettel.

Terpaparnya Vettel dipastikan dengan rilis resmi tim Aston Martin pada Kamis (17 Maret 2022) atau sehari jelang sesi FP1 GP Qatar. Tim milik konglomerat Kanada Lawrence Stroll ini tak menyebutkan di mana eks driver tim Red Bull dan Ferrari itu melakoni tes dengan hasil positif.

Namun diperkirakan sesampainya di Bahrain, karena umumnya pembalap sudah tiba di negara penyelenggara F1 pada Selasa atau Rabu.

Dalam rilis singkat itu tim Aston Martin langsung menunjuk Nico Hulkenberg sebagai pengganti Vettel.

Seperti Vettel, Hulkenberg juga berpaspor Jerman. Dengan absenya Vettel maka Jerman tetap menempatkan dua pembalapnya di GP Bahrain, satunya adalah Mick Schumacher (Haas).

"Nico akan mengendarai AMR22 mulai FP1 (Jumat, 18/3) daan seterusnya," tulis tim Aston Martin dalam rilisnya.

Hulk, julukan Hulkenberg, bukan pembalap asing di kancah F1. Ia berada di F1 sejak 2010 (Williams) dan seterusnya membela Force India, Sauber, Renault, Racing Point dan sejak awal musim ini jadi pembalap cadangan Aston Martin.

Penggemar balap di Indonesia juga mungkin belum lupa penampilan heroik Hulkenberg saat lakoni wet race di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia, di ajang A1 GP pada 10 Desember 2006.

Saat itu, ia membela tim Jerman berduet dengan Christian Vietoris. Saat itu tim Indonesia diwakili oleh kakak beradik Ananda  Mikola dan Moreno Suprapto.

Terakhir kali HUlk balap regular di F1 pada musim 2019 bersama tim pabrikan Renault. Pada 2020 ia jadi pembalap spesialis Covid-19 karena balapdi 3 seri balap 2020 menggantikan pembalap Racing Point yang terpapae Covid-19.

Dua seri di Silverstone, Ingris, ia jadi pengganti Sergio Perez dan langsung menghentak komunitas F1 karena masuk 3 Besar kualifikasi di belakang duet Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Ia raih hasil DNF dan P7 kedua event itu.

Selanjutnya di GP Eiffel, Jerman, Hulk kembali jadi driver pengganti. Kali ini menggantikan Lance Stroll yang dikabarkan sakit dan dicurigai kena Covid-19 juga.

Di sini Hulk finish P8. Hasil yang membuat namanya masuk kandidat rekan setim Max Verstappen di Red Bull pada musim 2021, yang sayangny kalah bersaing dengan Perez.

Jadi pengganti Vettel, ini kesempatan lanjutan Hulk untuk menunjukkan reputasinya. Ini kali pertama ia besut AMR22 bermesin Mercedes. Tapi, sebagai development driver, ia sangat kenal tipikal mobil besutan Aston Martin pada 2022 itu.

"Mobil ini lebih mudah dikendarai. Skill pengemudi lebih dominan dibandingkan power atau aerodinamika yang selama ini membuat perbedaan kekuatan di F1. Pengalaman berkendara juga tidak berubah. Setidaknya itu yang saya rasalan di simulator," kata Hulk beberapa waktu lalu. (rnp)

 

 

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali