Legenda Balap Kunimitsu "Kuni" Takahashi, Tutup Usia di Umur 82 Tahun

Selasa, 22/03/2022 00:33 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Kabar duka datang dari dunia balap. Pembalap Honda asal Jepang yang tekenal di tahun 1950-an hingga 1990-an Kunimitsu “Kuni” Takahashi meninggal diusia 82 tahun pada 16 Maret 2022.

Nama Kunimitsu “Kuni” Takahashi merupakan nama besar di dunia balap internasional. Ia telah mengikuti berbagai kejuaraan dunia dan menjadi mencatatkan kemenangan fantasis selama perjalanan karirnya.

Pembalap leendaris ini lahir di Koganei, Tokyo pada tahun 1940. Ia memulai debutnya sebagai pembalap di All Japan Motorcycle Clubman Race tahun 1958 dan memenangkan All Japan Motorcycle Endurance Race (Mount Asama Volcano Race) kelas 350cc.

Pada tahun 1960, ia bergabung dengan Honda R&D Honda Speed Club (HSC), di tahun berikutnya, 1961 pembalap dengan samaran Kuni itu, berhasil menjadi orang Jepang pertama yang menang dalam balap Grand Prix Dunia, putaran 1, Grand Prix Jerman Barat kelas 250cc.

Secara beruntun ia mulai tampil mendominasi balapan hingga memenangkan putaran 9, race Ulster Grand Prix kelas 125cc. Ia juga pernah mengecep panas dan ekstrimnya balapan Isle of Man TT. Saat di kejuaraan itu, ia pernah mengalami crash sehingga kehilangan kesadaran, namun pulih kembali.

Tahun 1965, ia berhenti dari dunia balap motor dan mulai masuk ke balap mobil. Punya mental bapa yang terasa, Kuni pada tahun 1970 berhasil memenangkan slima putaran kelas T-II All Japan Drivers Championship, dan menjadi juara.

Kiprahnya di Jepang membawanya memasuki Formula 1 Grand Prix Jepang tahun 1977, kemudian masuk ke balap ketahanan atau endurance. 1995 ia memenangkan Le Mans 24 hours race di kategori GT2 class.

Kunimitsu “Kuni” Takahashi pensiun di tahun 2000 dan memegang jabatan penting di dunia motorsport Jepang. Ia pernah menakodai Tim Kunimitsu sebagai manajer tim di Kejuaraan All Japan GT, bersaing dengan Honda NSX. 2002, ia dilantik sebagai Japan Automotive Hall of Fame. Juga pernah diianugerahi penghargaan Hall of Fame 24 hour Le Mans tahun 2013.

Presiden, CEO, dan Direktur Honda, Toshihiro Mibe, menyatakan kedukaan mendalam atas meninggalnya seorang legenda balap yang memiliki banyak prestasi dan membesarkan banyak tim di Jepang. Ia juga punya jasa besar di Honda.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Kunimitsu Takahashi. Dia memainkan peran utama sebagai pembalap di panggung kejuaraan dunia di awal aktivitas motorsport Honda. Ia bertanding selama seperempat abad, dan membawa banyak kemenangan bagi perusahaan," ujarnya.

Baginya pengaruh Takahashi akan dibawanya pergi dan hilang. Namun jasa, prestasi dan ilmunya akan diserap dan menjadi warisan dunia balap maupun pengembangan motorsport.

"Ia telah menyentuh hati semua orang yang terlibat dalam dunai motorsport. Saya benar-benar bersyukur pernah mengenalnya dan merayakan pencapaiannya yang tak terhitung jumlahnya," tuturnya.(elk)

 

TERKINI
Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar