Tak Bisa Penuhi Standar Suara Kebisingan, Nissan GT-R di Eropa Akhirnya Distop Produksi

Rabu, 23/03/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Inggris) - Perjalanan satu dekade lebih dari mobil gahar Nissan GT-R di Eropa akan berakhir. Pasalnya, otoritas Nissan di Eropa sudah memutuskan untuk menghentikan penjualan supercar tersebut.

Alasan penyetopan penjualan Nissan GT-R di Eropa berhubungan dengan peraturan kebisingan baru yang akan mulai berlaku di benua itu akhir tahun ini. Hal ini cukup membuat Nissan dan pecinta mobil gahar ini terpukul. Namun hal tersebut harus dilakukan.

Dalam sebuah penyataan resmi Nissan yang dilansir Paultan, mengonfirmasikan bahwa penjualan Nissan GT-R dihentikan di Benua Biru itu, lantaran peraturan soal kebisingan. Produksi Nissan GT-R di Eropa juga akan berakhir Maret ini.

“13 tahun setelah diperkenalkan di Eropa sebagai ikon kinerja tinggi otomotif yang dapat diakses, kami dapat mengonfirmasi bahwa produksi GT-R Eropa akan berakhir pada Maret 2022 karena peraturan kebisingan drive-by Uni Eropa dan Inggris yang baru mulai 1 Juli 2021,” demikian bunyi pernyataan Nissan kepada majalah tersebut.

Peraturan baru yang akan datang, soal kebisingan, dianggap tidak dapat dipenuhi oleh GT-R generasi R35.

Peraturan tersebut, ditujukan untuk mengurangi kebisingan di jalan, untuk mengurangi stres akibat suara, yang dianggap sangat mengganggu bagi pejalan kaki serta orang-orang yang tinggal di dekat jalan.

Peraturan ini akan lebih diperketat untuk kebisingan mesin, yang batasnya akan dikurangi secara bertahap menjadi 68 dB pada tahun 2026. Hal ini ke depan tentu akan membuat sejumlah mobil dengan suara yang menggelegar harus menyesuikan diri.

Dalam iterasi yang paling kuat, mesin VR38DETT 3.8 liter biturbo V6 yang menghasilkan 720 PS dan torsi 780 Nm di edisi terbatas GT-R50 oleh Italdesign akan tersenggol peraturan tersebut.

Dengan aturan tersebut, diharapkan pada 2023, semua mobil lebih ramah terhadap banyak hal. Selain lingkungan juga terhadap batasan suaranya.

Hal ini akhirnya akan mengarahkan produsen untuk menyiapkan mobil dengan powertrain hibrida atau listrik.(elk)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman