Peugeot 2008, SUV Kompak Premium Eropa Terbaru Diboyong ke Indonesia

Minggu, 27/03/2022 00:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Astra Peugeot resmi memboyong Peugeot 2008 di Indonesia. SUV kompak premium siap menjadi andalan Astra Peugeot.

Sosoknya memang ditunggu-tunggu konsumen lokal. Sepak terjangnya di berbagai negara, Peugeot 2008 kerap mendapat perhatian dan penghargaan di mancanegara. Mulai dari Eropa, Afrika hingga Asia Tenggara.

Mengandalkan mesin 1.2 L Turbo Puretech dengan desain menarik dan sporty, Peugeot 2008 memberi tawaran menarik.  

Performa, kenyamanan dan fitur safety tetap menjadi andalan Peugeot. Kehadirannya menjawab kebutuhan pasar SUV kompak premium yang berjiwa muda. 

Tidak hanya produk, harga yang dipasarkan sebesar Rp 490 juta (OTR Jakarta) sangat menggoda. Secara keseluruhan, Peugeot 2008 ini diyakini bakal menjadi paket menarik. 

Kehadirannya menegaskan Astra Peugeot tetap berkonsentrasi pada pasar SUV di Tanah Air. Setelah sukses dengan dua SUV, 3008 dan 5008, Peugeot 2008 menggenapkan line up Astra Peugeot untuk konsumen lokal. Berikut profil Peugeot 2008 :

EKSTERIOR

Desain luar Peugeot 2008 memang langsung mencuri perhatian. Guratan garis desain begitu sempurna melihat tampak eksteriornya secara keseluruhan. 

Tampak muka, desainnya memberi kesan lebih berkarakter dan kualitas buat yang apik. Desain lampu depan langsung memberikan kejutan dengan kehadiran 3 cakar singa lampu LED. Seolah menggoda audiens dengan headlamp khas Peugeot 2008.

Sementara untuk gril, tetap mengusung frameless karakter khas Peugeot global dengan Logo brand’s Lion pada bagian senter.dari lampu utama LED pada bagian depan yang terintegrasi dengan DRL yang memanjang secara vertikal hingga ke bagian bumper yang terlihat seperti taring seekor singa. 

Pun bagian desain bodi secara keseluruhan. Sentuhan desain dengan lekukan  garis tegas dan unik tergambar pada Peugeot 2008. Guratan garis simetris dan un-simetris tampak jelas pada desain bodi samping. Bagian ini memberikan kesan agresif dan luksuri.

Bagian buritan, Peugeot 2008 didesain dengan apik dan mencerminkan karakter khas Peugeot.

Ambiens  3 baris cluster merah dari 6 LED yang melambangkan kuku singa dideskripsi pada lampu belakang. Kian tampil sporty, dengan kehadiran dual pipe (knalpot) pada gas buang SUV kompak premium ini.

Peugeot  2008  memiliki dimensi panjang  4.312 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.545 mm  dengan wheelbase 2,612 mm. Kompensasi kelapangan bisa terlihat pada kabin terutama legroom baris pertama dan kedua.

Untuk roda, Peugeot ini memiliki ukuran 215/60 R17. Untuk pelek, Peugeot  mengadopsi 17 inci alloy rims. Sementara untuk suspensi bagian depan, MacPerson Struts dan di belakang, Torsion Beam.

INTERIOR - PEUGEOT i-Cockpit®

Masuk ke dalam Peugeot 2008, nuansa kemewahan menyapa Anda. Balutan jok kulit (leather seat) pada semua jok driver serta penumpang.

Selain itu, balutan leather juga hadir pada trim hingga lingkar kemudi membuat kesan luks berada di kabin.

Nuansa kabin khas Peugeot masih menyeruak dengan Peugeot i-Cockpit®, inovatif, dan futuristik. Paling kentara, terdapat 10” 3D digital head up display untuk memberikan informasi langsung ke pengemudi. 

Bagian Head Up Display 3 dimensi inilah menjadi fitur ikonik Peugeot 2008. Tampilan menarik dan fungsional ini bakal menjadi daya tarik. Ada 5 opsional display, seperti personal, dial, minimum, dan driving. 

Sementara pada bagian tengah, Piano Key Button, Pocket Holding serta Monitor 7 inci Full Colour Touch Screen Display Infotainment System.

Memungkinkan sejumlah informasi yang dibutuhkan yang terkoneksi blueooth,  Apple carplay/mirrorlink pada i-Cockpit amplifly.

Untuk driver, jok supportif dengan roda setir berbalut kulit (leather steering wheel) kian menambah kesan mewah dan fungsional.

Jelas, memberikan pengalaman berkendara baru yang  menyenangkan masih melekat pada sosok SUV kompak premium ini.

KEAMANAN & KENYAMANAN 

Peugeot membekali sejumlah perangkat safety pada Peugeot 2008. Ada 4 airbags, ISOFIX Child Restraint Anchor Points, seat belt warning dan Hill Star Assist hadir sebagai fitur standar.

Pun fitur dan kelengkapan safety seperi ABS, EBD, EBA &  Electronic Stability Program (ESP), Dynamic Stability Control (DSC) dan Anti-Skid Regulation (ASR)  yang mampu menjaga kestabilan berkendara. 

Sementara fitur safety berteknologi advance juga hadir pada Peugeot 2008.

Sebut saja fitur Active Lane Keeping Assist membantu driver saat perpindahan jalur mendadak secara otomatis diingatkan via alarm peringatan. Selain itu fitur HIgh Beam Assist, Blind Spot Monitoring, Active Safety Brake dan Driver Attention Warning juga ada.

Singkatnya, fitur safety ini siap menjaga pengemudi berjalan dalam koridor yang aman. Bila tidak, fitur-fitur ini bakal mengoreksi sekaligus mengingatkan berupa peringatan alarm.

MESIN & PERFORMA

Untuk mesin, Peugeot masih mempercayai performa mesin berkode EB2ADTSM. Kapasitas mesin, Peugeot mengadopsi 3 silinder 1.2 L Turbo Puretech, tenaga yang dihasilkan mencapai 130 dk/5500 rpm dengan torsi 230 Nm/1750 rpm.     

Kemudian rasio kompresi 10.5 : 1 dengan rekomendasi BBM RON95. Sementara untuk kapasitas tangki bensin, Peugeot 2008 ini mampu menampung hingga 43 liter. 

Sementara untuk transmisi, Peugeot mengusung  6-speed auto (AT6 III). Perpindahan gigi perseneling halus sesuai dengan kebutuhan saat beraksi di jalan. (bs)


 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060