Pulang dari Mandalika Pesawat Kargo Mogok di Kenya, Persiapan Tim Terkendala ke GP Argentina

Rabu, 30/03/2022 19:27 WIB

mobilinanews (Kenya) - Usai GP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 lalu, keesokan harinya hingga 23 Maret 2022, 5 pesawat jumbo Boeing 777 langsung mengangkuti logistik MotoGP untuk persiapan GP Argentina pada 1-3 April 2022 atau 2-4 April WIB. Sayangnya, satu pesawat itu mogok di bandara Kenya, Afrika. 

Seperti saat dari GP Qatar ke GP Indonesia, lima pesawat kargo milik Qatar Airways membawa semua logistik MotoGP, Moto2, Moto3 maupun semua barang terkait pelaksanaan lomba dan operasional Dorna Sports selaku promotor.

Berdasarkan catatan Angkasa Pura selaku pengelola bandara di Indonesia, saat mendarat di Lombok, NTB, ke-5 pesawat itu menurunkan total 404.225 kg barang milik MotoGP.

Sedemikian besarnya pesawat maka lintasan pacu bandara harus diperpanjang dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter. Juga memperluas area kargo sebanyak 6 hektar untuk menampung truk-truk kontainer yang melanjutkan transportasi ke sirkuit.

Usai GP Indonesia, semuanya bersiap membawa kargo itu ke Argentina, bertahap dari tanggal 21 Maret hingga 23 Maret.

Dikutip dari SkySport Italia, ternyata salah satu pesawat tersebut tertahan saat transit di Kenya. Sampai hari ini, Rabu (30/3/2022), pesawat tersebut dikabarkan masih berada di bandara Mombasa  di Kenya.

Tak disebutkan logistik tim mana saja yang berada di dalam pesawat berbadan lebar itu.

Yang jelas akan ada tim yang terkendala karena masalah tersebut. Di sisi lain, pesawat lainnya sudah tiba di Argentina dan mulai menurunkan barang sejak Sabtu lalu.

Dari sumber lain yang dikutip dari motorsport.com, pesawat yang mogok itu membawa logistik tiga tim MotoGP, yakni tim pabrikan Ducati dan dua tim satelitnya, Gresini Ducati dan VR46 Ducati. Akan hal ini belum ada konfirmasi dari pihak Ducati.

Pihak Dorna tak menampik adanya masalah logistik di Kenya tersebut. Namun menurut mereka perbaikan pesawat siudah berada di tahap final dan semua logoistik diperkirakan tiba di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Kamis (31/3/2022) waktu lokal.

Itu artinya ke-3 tim tadi harus pontang-panting menyiapkan garasi tim dan sebagainya. Pasalnya, sesi Free Practice (FP) 1 digelar pada pagi esok harinya, Jumat (1/4/2022) waktu Argentina.

Ini kali pertama Argentina menggelar MotoGP sejak pamdemi Covid-19 merebak pada awal tahun 2020.

Tahun lalu kebakaran besar pun terjadi di sirkuit ini yang menghabiskan pit building di mana bagian dasarnya merupakan garasi tim peserta.

Jika benar logistik di pesawat mogok itu adalah milik Ducati dan tim satelitnya, ini tentu akan jadi pukulan buat tim dan pembalapnya jika sampai mengganggu persiapan.

Pasalnya, dari dua race awal tim pabrikan Ducati sebagai juara dunia konstruktor 2021 belum memperoleh poin signifikan.

Bagi tim Gresini ini juga masalah karena sementara ini pembalap mereka, Enea Bastianini, menempati puncak klasemen sementara pembalap. (rnp)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!