Begini Lay Out Sirkuit Red Bull Ring, Usai Direnovasi Pasca Kecelakaan Horor Morbidelli dan Zarco 2020

Kamis, 31/03/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Austria) - Fans MotoGP tentu masih ingat kecelakaan super dahsyat Franco Morbidelli dan Johann Zarco pada 2020 di Red Bull Ring?

Tentu juga ingat bagaimana motor keduanya terbang dan nyaris menghantam Valentino Rossi dan Maverick Vinales?

Itu salah satu insiden paling menakutkan dalam sejarah MotoGP. Andai motor yang melayang itu menghantam Rossi atau Vinales yang tengah melaju kencang, sudah pasti hal buruk yang terjadi. Karena itu pada musim 2021 diputuskan untuk mengubah struktur lintasan pada lokasi tersebut, dari T2 menuju T3. Atas nama safety, lintasan melengkung namun dilalui dengan speed maksimal itu harus dimodifikasi. Midifikatornya adalah desainer sirkuit terkenal Hermann Tilke.

Ada 15 gambar yang disiapkan Tilke sampai akhirnya dipilih yang terbaik oleh FIM, IRTA dan Dorna Sports. Lay out baru sudah siap menyongsong MotoGP seri Austria pada Agustus mendatang.

"Prioritasnya adalah aspek keselamatan. Kecepatan MotoGP harus direduksi pada bagian itu," ucap Tilke.

Desainer spesialis sirkuit itu lantas 'membelah' T2 dan 3 yang tadinya tersambung dengan membuat chicane atau tikungan S di tengahnya. Dengan sendirinya kecepatan berkurang. Dari T3 ke T4 tak ada perubahan.

Tilke menambahkan kalau lay out baru itu hanya digunakan untuk MotoGP dan balap motor lainnya. Untuk F1 yang juga rutin berlangsung di Red Bull Ring tetap menggunakan lay out lama, begitu pun balap mobil lainnya. (rnp)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas