Parade dan Talkshow Pembalap 3 Generasi : Rio SB ternyata Tidak Diceritai Sang Ayah Dulu Pembalap Motor

Rabu, 06/04/2022 02:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mestinya Rio SB (Saputro Boedihardjo) dan Daffa AB (Ardiansa Boedihardjo) didampingi sang ayah Irjen (Purn) Aryanto Boedihardjo di panggung Talk Show Pembalap 3 Generasi kolaborasi mobilinanews.com dan IIMS Hybrid 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta pada sore hari ini.

Sebelumnya, Pak Anang - sapaan akrabnya - bahkan menyambut antusias ketika mobilinanews mengundang beliau dan dua putranya yang tengah naik daun di ajang gokart, sim racing dan balap mobil ISSOM yakni Daffa AB dan Rio SB.

Namun takdir berkata lain. Pak Anang yang dikenal ramah dan humanis berpulang ke Rahmatullah pada 23 Februari lalu, di usia 70 tahun karena sakit.

Yang mengharukan, penuturan dari Rio SB putra ke-4 Pak Anang dari 5 anaknya yang semuanya laki-laki maka kemudian membentuk tim balap dengan nama P-Five Racing Team.

"Bapak, minta ditambah setahun lagi ketika saya menyampaikan insyaallah akan menikah pada 2023. Iya, beliau memang pernah berdoa ketika menunaikan ibadah haji beberapa tahun lalu, siap dipanggil Tuhan pada usia 70 tahun. Makanya, ketika saya menyampaikan kabar baik itu, bapak minta kepada Tuhan agar ditambah setahun lagi usianya," buka Rio SB kepada mobilinanews.

Hal itu disampaikan pada Januari 2022 lalu, dalam sebuah kesempatan makan malam bersama Pak Anang dan Daffa AB adiknya yang baru akan memulai debut di ajang balap mobil ISSOM setelah menggapai sukses di ajang gokart dan Sim Racing (balap simulator).

Setelah cukup lama berpacaran dengan kekasihnya yang cantik dan setia menemani hingga di ajang balap, Nadine, Rio SB memang merencanakan naik pelaminan tahun depan. 

"Setelah bapak tidak ada, baru ketahuan ternyata beliau sudah membuat listing tamu yang akan diundang pada secarik kertas yang ditulis tangan. Maklum saja, bapak mengantisipasi pernikahan dalam suasana pandemi, sehingga tamu yang diundang terbatas sesuai prokes dari pemerintah," lanjut Rio SB.

Dan ternyata, Rio SB sendiri tidak pernah diceritakan oleh Pak Anang, jika dulu sempat menjadi pembalap motor saat masih muda.

"Iya, hobi saja, mas. Saya waktu itu ikut balap motor di Nusa Tenggara Barat. Namun karena sebagai aparatur negara, sebagai polisi, ya nggak bisa lanjut meneruskan hobi itu. Maka saya memiliki obsesi nanti anak saya harus ada yang menjadi pembalap," tutur Pak Anang suatu ketika.

Hal itu dibuktikan, seluruh 5 putra Pak Anang diberi kesempatan menjadi pembalap : dari Andrew, Dicky, Rian, Rio hingga Daffa. Dua putra tertuanya sempat menjajal balap mobil ISSOM di Sentul. Rian sekarang lagi getol menjadi "teammate" dan partner Daffa AB di ajang Sim Racing.

Namun rupanya, pada diri Rio SB dan Daffa AB obsesi Pak Anang bisa terwujud. Rio SB mencuat sebagai salah satu pembalap mobil sekaligus drifting sangat disegani di Tanah Air, beberapa kali mencetak juara nasional dan juara Honda Jazz Speed Challenge kelas Master. 

Rio SB pula menjadi skuad pembalap Honda Racing Indonesia terlama - di luar Alvin Bahar - selama 8 tahun dari 2012 hingga 2019. 

Namun Rio SB yang sejak 2020 telah bekerja kantoran di sebuah perusahaan swasta, memiliki versi lain soal sejarah balapnya.

"Yang jelas, waktu masih SMP dan SMA, saya emang agak bandel. Suka balap liar pakai motor. Pulang ke rumah kondisi terluka dan motor rusak. Kemudian ibu menyampaikan ke bapak, agar hobi ngebut saya disalurkan ke ajang balap mobil," ungkap Rio SB.

Rio SB memulai balap mobil atas nama bengkel kenalannya. Toh, "kenakalannya" ngebut di jalanan tidak sepenuhnya sembuh.

"Tiga kali alami kecelakaan lumayan parah. Pertama, meloncat di Deplu Bintaro (pakai Honda Jazz), kedua mobil terbelah (pakai Suzuki Swift) menabrak truk di tol arah Tanjung Priok, ketiga hampir sama yang kedua, di tol dekat mall Taman Anggrek (Honda Jazz) pas hujan," bebernya.

Surprise dilakukan Rio SB kepada Pak Anang saat merayakan ulang tahun ke-52. Saat itu, Pak Anang tengah berdinas sebagai Kapolda Sulawesi Selatan tinggal di Makassar, namun anak-anaknya tetap di Jakarta.

"Saya datang ke Makassar dengan membawa piala juara balap mobil di Sentul. Bapak tampak seneng banget. Sejak itu, bapak mensupport lebih optimal, dengan menyiapkan pelatih yaitu om Andi Barata dan yang lain-lain," terang Rio SB.

Selain balap, Rio SB juga memiliki dan mengelola bengkel balap P-Five Tuning yang bermarkas di Pondok Cabe, Tangerang Selatan sejak beberapa tahun terakhir.

Oiya, Daffa AB (13 tahun) putra bungsu Pak Anang, juga memiliki prestasi mentereng. Yakni mencetak double winner tahun 2021 lalu, dengan menjadi Juara Nasional Gokart kelas Junior Rok, dan juara nasional IDMC (Indonesia Digital Motorsport Championship) kelas Seeded A. Wow!

Lalu bagaimana kelanjutan balap Rio SB, dan adik bungsunya Daffa AB sepeninggal Pak Anang?

Jawabannya, ada di Parade dan Talk Show Pembalap 3 Generasi, Rabu (6/4/2022) pukul 15.00-17.00 WIB di arena IIMS Hybrid 2022, JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

Nonton ya guys. (budi santen) 

    

  

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali