WRC 2022 Kroasia: Toyota Yaris Masih Dominan, Tapi Kalle Rovanpera Mulai Terancam Ott Tanak

Minggu, 24/04/2022 03:24 WIB

mobilinanews (Kroasia) - Toyota Yaris Rally1 besutan tim Toyota Gazoo Racing masih dominan di ajang Rally Kroasia 2022. Dari 7 Special Stage (SS) pada Sabtu (23 April 2022), lima di antaranya dipetik pereli tim Toyota. Hanya dua yang jatuh ke tim Hyundai. Tapi, dalam perebutan juara, Kalle Rovanpera kini mulai terancam.

Menyusuri SS9 hingga 16 (SS15 dibatalkan karena faktor cuaca), Rovanpera yang sebelumnya memenangi 6 dari 8 SS awal bermain terlampau hati-hati. Maklum, hujan masih mendera sebagaian besar lintasan. Sebagian malah tergenang, dan pandangan mata sangat terbatas. Ia cenderung bermain aman karena sudah unggul waktu lumayan besar, lebih daari satu menit.

Situasi itu dimanfaatkan Ott Tanak (Estonia/Hyundai Motorsport) dengan baik. Juara dunia WRC 2019 (dengan Toyota) itu membangun pengejaran waktu dengan baik dengan mencicilnya di beberapa SS sehingga kembali punya peluang fight berebut gelar juara.

Dari 5 kemenangan Toyota di 7 SS pada Sabtu, Rovanpera hanya sekali tercepat, yakni di SS16. Namun, hasil finish-nya yang buruk di beberapa SS sebelumnya membuat keunggulanwaktunya di kejuaraan sementara terkuras signifikan. Usai SS16, keunggulannya hanya tinggal 19,9 detik atas Ott Tanak yang menggeber Hyundai i20 N Rally1. 

"Ini jawaban saya hari ini. Full speed di stage yang bagus," ucap Rovanpera saat tercepat di SS16.

Pereli Toyota Gazoo Racing lainnya yang memetik kemenangan di 7 SS terakhir adalah Esepekta Lappi (SS 10, 13, 14) sementara Elfyn Evans mendapat jatuh satu kemenangan di SS9. Sementara tim Hyundai memetik kemenangan di SS11  lewat Tanak dan di SS12 melalui Thierry Neuville.

Empat SS terakhir atau penentuan berlangsung pada Minggu (24 April 2022). Jika cuaca masih juga hujan maka keunggulan 19,9 detik Rovanpera sangat rawan dilawan Tanak. Bahkan oleh Craig Breen (M-Sport Puma Rally1) yangbertengger di posisi ketiga dengan gap 1 menit 13,4 detik dari Rovanpera.

Buat Tanak, 4 SS terakhir wajib dijalani dengan prinsip menang atau tidak sama sekali. Ia harus gaspol maksimal untuk mendulang poin maksimal jika masih ingin bertarung berebut gelar 2022. Pasalnya, saat ini ia terpuruk di posisi 11 klasemen sementara dengan nilai hanya 5 p0in, kalah jauh dari Rovanpera yang memimpin klasemen dengan total poin 46.

"Pada beberapa SS terakhir saya tak punya feeling bagus untuk menyerang secara maksimal. Saya sudah mencoba tapi belum sepenuhnya dapat feeling bagus di atas mobil. Mari lihat saja seperti apa berikutnya," ujar Tjanak.

Breen yang berada di peringkat 7 di klasemen sementara dengan poin 16 tak bermimpi untuk mengejar Rovanpera di kejuaraan dunia. Apa saja bisa terjadi di 4 SS terakhir, terlebih jika hujan atau kabut mengganggu lomba. Tapi, target realistis baginya adalah mempertahankan posisi podium di Rally Kroasia sekaligus naik ke peringkat 5 Besar di klasemen sementara.

"Saya menikmati lomba ini dan itu yang penting. Saya hanya perlu sedikit penyegaran dan siap berlaga di 4 stage akhir," katanya. (rnp)

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman