Pegokart Oliver Sini dan Qarrar Firhand Juara Rok Cup Italia 2022, Bendera Merah Putih 2 Kali Berkibar!

Senin, 25/04/2022 11:48 WIB

mobilinanews (Italia) - Dua pegokart belia Indonesia, Oliver Sini (9 tahun) dan Qarrar Firhand (11) menjadi juara 1 kelas Mini pada kejuaraan ROK Cup Italia di sirkuit Franciacorta, Brescia, Minggu (24/4/2022).

Muhammad Oliveri Saadie Rito Sini berhasil menjadi juara 1 pada race 1 yang dilangsungkan Minggu pagi. Sedangkan Qarrar Firhand gantian yang meraih trofi juara 1 pada race 2 pada siang harinya. Balapan round 3 ini diikuti 29 pegokart dari berbagai negara. 

Qarrar Firhand di podium juara 1

Bagi Oliver, pegokart andalan BMHS Racing Team yang saat di Italia bernaung dengan tim Gamoto, sirkuit Franciacorta di kota Brescia ini merupakan salah satu yang disukai dan sering membawa keberuntungan. 

Saat debut balapan gokart di Italia pada 19 September 2021 lalu, Oliver yang kini siswa kelas 4 Sekolah Global Jaya Bintaro, Tangerang Selatan ini langsung berhasil naik podium sebagai juara 3 di sirkuit tersebut.

Oliver berhasil menjadi juara 1, tak pelak cukup mengagetkan orang tuanya yang selalu mendampingi. "Wah seneng banget, om. Awalnya, dapat pole 2 aja udah seneng. Eh, malah dapat P1," ujar Rito Alam Rizal Sini, SE, sang ayah sembari menebar senyuman kepada mobilinanews.

Oliver Sini, angkat trofi juara 1 di atas podium

Sejak turun di ajang gokart pada sekitar 2 tahun lalu, talenta Oliver memang sudah tampak menonjol. Maka sejak tahun lalu, oleh orang tua dan tim diikutkan balap gokart di Italia.

Bersama M Kaenan Rito Sini, sang kakak yang lebih dulu terjun di ajang gokart, tahun ini telah beberapa kali terbang ke Italia untuk mengikuti event gokart di negara "Mbahnya Balap" dunia ini.

"Insya Allah, om. Mudah-mudahan Oliver dan juga Kaenan bisa berkembang terus," lanjut Rito Sini.

Qarrar Firhand, trofi juara 1 dan kru tim

Sementara itu, Jimmy Akbar selaku manajer tim Qarrar Firhand menyebut hasil kali ini masih sesuai harapan. "Walau pun target kita sebenarrnya, Qarrar bisa double P1 (double winner) di event ini," sebut Jimmy Akbar.

Soal hasil di Race 1, Jimmy menambahkan ada sedikit ubahan settingan untuk lebih ke penyesuaian setup gokart dengan kondisi trek. "Saat Free Practice bagus. Cuma ada settingan yang diadjust, jadi mesti penyesuaian lagi. Harapannya bisa lebib cepat di QTT," tambah Jimmy Akbar. 

Menurut Jimmy Akbar, tahun ini bisa dibilang Qarrar full schedule balap di Italia. "Memang tidak mudah, karena kerasnya persaingan terutama di event sekelas WSK Euro Cup. Tapi progressnya terlihat dan terus berjalan meski pun belum mencapai target maksimal yang kita set untuk Qarrar," terangnya.

Oliver Sini bersama skuad tim Gamoto

Bagi Qarrar, ini bukan podium pertama yang diperolehnya sepanjang tahun ini balap gokart di Italia. Sekurangnya, telah 5 kali bagi putra pengusaha dan mantan pegokart Firhand Ali ini.

Selain Oliver dan Qarrar, ada dua pegokart Indonesia lagi yang turun di event ini. Yaitu M Kaenan Rito Sini yang finish P22 dan Silvano Christian P14 yang turun di kelas Senior Rok.

Dari 3 round Rok Cup Italia 2022 yang telah dilangsungkan, Qarrar masih bertengger sebagai pimpinan klasemen kelas Mini. Masih ada 5 round lagi yang akan dihelat tahun ini.

Klasemen pegokart kelas Mini usai round 3, 1. Qarrar Firhand (146 poin), 2. Shen Zeyu (131), 3. Darrio (127), 4. Koci (123). 

Sukses Oliver Sini dan Qarrar Firhand ini menjadi kado yang istimewa jelang Lebaran, dan Indonesia berhasil kibarkan bendera Merah Putih di Italia. Kereeen. (bs)

Hasil Lomba :

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman