Jelang Jakarta E-Prix 2022 : Ini 3 Mode Sirkuit Formula E Jakarta Karya JMX Phantom

Kamis, 05/05/2022 13:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagaimana ceritanya dibangun 3 mode sirkuit Formula E Jakarta yang akhirnya dipakai untuk event Jakarta E-Prix Esport yang telah berhasil menjaring 170 peserta dari kalangan sim racer maupun pemula?

"Ya, kami bersama Jakpro sebagai penyelenggara Jakarta E-Prix bertemu, kemudian membahas tentang rencana membuat pre-event Formula E Jakarta. Awalnya, kami mengajukan tidak hanya 3 sirkuit melainkan ada beberapa sirkuit lagi," ungkap Presley Martono kepada mobilinanews.

Menurut CEO JMX Phantom ini, pihak Jakpro kemudian mengapproval moda 3 sirkuit yakni Merdeka Barat, Senayan dan Ancol.

Setelah itu, Presley bersama tim software JMX Phantom - termasuk menghayer profesional - untuk membangun mewujudkan 3 sirkuit dimaksud.

"Untuk sirkuit Monas dan Senayan relatif bisa lebih cepat. Untuk sirkuit FE Ancol, membutuhkan effort lumayan. Kami datang langsung untuk melakukan survei secara mendetil, mengukur derajat kemiringan dll agar bisa mewujudkan sirkuit versi games/balap simulator ini mendekati atau sangat mirip dengan sirkuit aslinya," terang Presley juara F4 SEA 2017. 

Untuk mewujudkan mode sirkuit FE Ancol, Presley mengaku banyak dibantu dan fasilitasi Jakpro, karena mereka yang memilki data teknis terkait sirkuit secara lengkap. 

Tiga sirkuit virtual tersebut akan dipakai untuk putaran 1 di Merdeka Barat, putaran 2 Senayan dan putaran 3 di Ancol, yang finalisnya 22 pembalap hasil saringan dari sesi Pre-Kualifikasi rencananya digelar 9 Mei 2022. Iya, saringan dari 170 pendaftar dan hanya digelar 1 kelas Champ of Champs.

"Total hadiah yang diperebutkan Rp 50 juta, balapan menggunakan platform Assetto Corsa. Soal juaranya kabarnya akan mendapat hadiah khusus (menonton langsung Seoul E-Prix Korea Selatan pada Oktober 2022) dari Jakpro, saya no comment yaa," pungkas Presley. (bs)     

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas