MotoGP 2022 : Suzuki Dikabarkan Pergi, Dorna Sport Siapkan Tim dan Pabrikan Ini Jadi Pengganti

Sabtu, 07/05/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Italia) - Belum resmi tapi keputusan Suzuki lagi-lagi pergi dari MotoGP tampak serius. Salah satu indikatornya adalah reaksi Dorna Sports untuk mulai cari pengganti.

Bos Dorna Carmelo Ezpelata sebenarnya tak bolehkan Suzuki pergi karena sudah ikat kontrak hingga 2026. Namun jika tak mungkin bertahan, katanya, banyak tim yang siap jadi pengganti.

Salah satu tim itu adalah Leopard Racing, salah satu tim papan atas di Moto3. Minat itu disampaikan langsung bos Leopard, Christian Lundberg, lewat wawancara dengan motorsport.com.

"Saya tak berpikir Suzuki bisa pergi begitu saja karena ikatan kontrak hingga 2026. Tapi, jika ada kesempatan dan itu diberikan (Dorna) kepada kami maka akan sangat senang," kata Lundberg.

Ia menyebut minat Leopard naik ke MotoGP sudah ada sejak lama dan semua orang di paddock mengetahui itu.

"Kami akan ambil kesempatan itu jika tersedia. Namun masih ada jalan panjang untuk mewujudkannya," ungkap Lundberg.

Jalan panjang itu antara lain apakah membeli tim yang selama ini memenej Suzuki atau membentuk organisasi baru, termasuk line up pembalapnya yang tak mudah ditentukan untuk musim 2023.

Satu keputusan strategis lainnya adalah  pihak pabrikan yang dipilih buat nempel sebagai tim satelit. Meski sudah punya pilihan pabrikan, Lundberg akui prosesnya tak akan mudah. Yang dibidik adalah Aprilia, tim yang bersama Suzuki selama ini tak punya tim satelit.

Kebetulan performa Aprilia di awal musim 2022 pun bisa bersaing di level atas. Pabrikan Italia itu pun sudah mulai merasa perlu tim satelit karena akan lebih mudah melakukan pengembangan dengan 4 motor di grid starting daripada 2 saja.

"Kami adalah tim setengah Italia (setenghsnya lagi Luksemburg). Jadi akan sangat bagus jika bermitra dengan pabrikan Italia dibandingkan pabrikan Jepang," imbuh Lunberg.

Di lain tempat, CEO Aprilia Massimo Rivola bilang sangat terbuka menerima tim satelit jika ada tawaran yang tepat. (rnp)

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!