Ternyata Suzuki Belum Tentu Cabut dari MotoGP Akhir 2022, Ini Keterangan Resminya!

Jum'at, 13/05/2022 00:08 WIB

mobilinanews (Jepang) - Setelah lima hari menjadi isu besar akhirnya Suzuki membuat pernyataan resmi lewat press release pada seputar hengkangnya pabrikan Jepang itu dari MotoGP akhir tahun 2022.

Beberapa media bahkan sudah memastikan Suzuki keluar tahun ini. Dorna Sports pun sudah berancang-ancang cari pengganti. Leopard Racing yang merupakan tim elit di Moto3 juga sudah menyatakan minat jadi pengganti dengan opsi menjadi tim satelit Aprilia.

Baru sekarang Suzuki memberikan keterangan resmi. Uniknya, disebut sebagai kemungkinan yang artinya belum tentu benar-benar keluar.

"Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasi di MotoGP akhir tahun ini. Sayangnya, situasi ekonomi dan kebutuhan memusatkan upaya perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif di tahun-tahun ini, memaksa Suzuki mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami," bunyi rilis singkat Suzuki yang juga diterima mobilinanews.com.

Istilah kemungkinan itu menarik karena CEO Dorna Carmelo Ezpeleta pernah mengatakan Suzuki sudah teken kontrak hingga akhir 2026 dan tak bisa keluar begitu saja.

Biasanya dalam sebuah kontrak, ada klausul yang mengatur segala sesuatunya bila satu pihak tak dapat meneruskan masa kontrak sesuai kesepakatan. 

Belum diketahui bunyi kesepakan Dorna dan Suzuki soal klausul itu sehingga Ezpeleta bilang tak bisa keluar begitu saja. Bisa jadi terkait klausul itu pula kini Suzuki sebut istilah 'kemungkinan'.

Dorna belum tanggapi pernyataan Suzuki ini. Namun ada dugaan kedua pihak tengah bernegoisasi, entah untuk mempertahankan Suzuki di MotoGP atau justru memproses rencana keluarnya sesuai dengan klausul yang berlaku. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!