MotoGP 2022 Prancis: Dikepung 4 Rider Ducati, Fabio Quartararo Butuh Keberuntungan di Kandang Sendiri

Sabtu, 14/05/2022 22:37 WIB

mobilinanews (Prancis) - Ambisi Fabio Quartararo untuk menang kali pertama di home race GP Prancis tampaknya sangat berat. Situasi di garis start sangat tak menguntungkan juara dunia 2021 ini. Belum lagi ancaman hujan yang mungkin turun saat race. 

Grid starting pada Minggu (15 Mei 2022) diisi dua pembalap Ducati Francesco `Pecco` Bagnaia dan Jack Miller di P1 dan 2. P3 dan 4 diisi Aleix Espargaro (Aprilia) dan Quartararo.

Mengacu pada traksi dan akselerasi Ducati yang lebih mumpuni dibandingkan Yamaha milik Quartararo, nyaris mustahil buatnya menyodok keduanya selepas start maupun memasuki tikungan 1 atau 2. 

Jika mencermati kebutuhan Ducati saat ini maka besar kemungkinan ada team order dengan menempatkan Miller sebagai penjaga Pecco agar bisa finish dengan keuntungan poin besar atas Quartararo.

Soalnya, Pecco adalah pembalap yang didorong Ducati untuk bersaing berebut gelar tahun ini. Setelah kemenangan di Spanyol lalu, potensinya mengejar Quartararo di klasemen semakin terbuka jika menjuarai seri Prancis ini.

Pecco kini berada di urutan 5 klasemen dengan poin 56, atau kalah 33 poin dari Quartararo di puncak klasemen.

Buat tim Ducati, nilai kemenangan Pecco di LeMans jauh lebih berharga dibandingkan Miller yang berada di urutan 11 klasemen dengan total poin 42.

Sebaliknya, bantuan Miller untuk menjaga Pecco dan mengganjal lawan untuk meraih banyak poin lebih berharga buat tim dan itu adalah sebuah `sukses` bagi Miller.

Jika peran ini mampu ia jaga di race berikutnya bisa jadi nilai plus untuknya agar tetap bertahan di tim Italia itu.

Tanda-tanda strategi itu akan diambil sudah terlihat di sesi kualifikasi dengan cara Miller terus di-towing Bagnaia meraih catatan waktu tercepat. Tujuannya jelas agar keduanya berdekatan di garis start terlepas siapa pun peraih pole position.

Kesimpulannya, kalaupun Quartararo sanggup menyalip Aleix maka ia akan butuh perjuangan ekstra keras mendekati Pecco di garis depan. Bisa dipastikan Miller akan melindungi rekan setimnya agar peluang di jalur perebutan gelar semakin kuat.

Semakin parah buat Quartararo karena dua joki Ducati lainnya berangkat dari row yang sama, yakni Enea Bastianini(Gresini Ducati) dan Johann Zarco (Pramac Ducati). Keduanya dipastikan akan `mati-matian` berjuang mengalahkan Quartararo dengan motivasi berbeda.

Bastianini untuk merenggangkan jarak poin dengan Quartararo, sedangkan Zarco untuk menjaga peluang bertahan di timnya sekaligus menjadi local hero di Prancis.

Satu lagi yang tak  kalah krusial adalah cuaca LeMans yang terkenal acap berubah. Berdasarkan prediksi cauaca ada kemungkinan hujan saat raceday, bisa di awal atau di tengah lomba seperti tahun lalu.

Semua tahu, Quartararo terbilang lemah jika balapan di trek basah. Sebaliknya dengan para joki Ducati. Di trek basah itu, keberuntungan acap lebih dibutuhkan dibandingkan skill dan keandalan motor.

Dan, keberuntungan itulah yang dibutuhkan Quartararo agar bisa merayakan kemenangan kali pertama di LeMans bersama fans tuan rumah.

Quartararo paham situasinya pada balapan besok, sungguh tak mudah. Terlebih karena kecepatan satu sama lain juga terbilang seimbang. Tapi, sebagai local hero di depan puluhan ribu fans Prancis, ia tetap harus on fire.

Bisa jadi ia dan timnya akan berjudi dengan pemilihan ban agar di beberapa lap akhir bisa meraih keuntungan. Terlebih karena di sesi latihan ia sudah mencoba ban lembut maupun medium yang ternyata sama baiknya. Atau mungkin juga ban keras seperti ia lakukan di Jerez.

Itu kalau dry race. Kalau wet race, ya itu, adu nasib!

"Posisi di garis start tak menguntungkan kami. Tapi, seperti biasanya, saya akan fight mengerahkan seluruh kemampuan yang saya miliki. Saya ingin fans lokal mendapat tontonan yang hebat. Balapan akan berlangsung 27 laps, selalu ada kesempatan untuk menyerang," kata satu-satunya juara dunia MotoGP asal Prancis ini. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki