F1 2022 Spanyol: Banyak Bawa Komponen Racing Baru, Mercedes Berharap Bisa Saingi Ferrari dan Red Bull

Jum'at, 20/05/2022 03:28 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Menggunakan sesi pengambilan film promosi, Mercedes menguji berbagai komponen baru di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, sebagai persiapan krusial ke GP Spanyol akhir pekan ini.

Jika ternyata gagal, Mercedes akan mengubah konsep W13 pada sisa balapan berikutnya.

Dengan George Russell sebagai driver, W13 yang digeber di Paul Ricard itu mengusung knalpot baru yang lebih tinggi dan sejumlah komponen baru yang berkaitan dengan aerodinamika.

Salah satunya adalah winglet di bagian bawah bodi mobil untuk lebih efektif menyalurkan udara dari depan ke belakang, plus sirip yang lebih besar di bagian penutup mesin.

Kemudian, lantai mobil juga sedikit direvisi untuk menanggulangi isu porpoising yang membuat W13 tak stabil di trek lurus maupun di tikungan cepat.

Sesi uji coba tertutup di Paul Ricard, sesuai ketentuan tak boleh lebih dari 100 km jarak tempuh. Mercedes maupun Russell sama sekali tak berkomentar soal kinerja peranti baru itu. Yang pasti, langkah pengembangan ini penting dan bisa menjadi penentu langkah tim menyusuri seri balap F1 berikutnya.

Bos Mercedes Toto Wolff mengindikasikan jika up grade terbaru ini tak membawa hasil seperti harapan maka timnya akan mengambil keputusan apakah mengubah semua konsep W13 selama ini atau merevisi beberapa bagian utama, terutama sidepod kontroversial yang sangat tipis dibandingkan mobil pesaing.

Menurut pengamat F1 Karun Chandhok dari SkySport, tes pribadi itu adalah kesempatan Mercedes untuk mengevaluasi banyak hal.

Tak lain untuk membawa kembali Mercedes ke persaingan tingkat atas, melawan tim Ferrari dan Red Bull yang lebih berhasil beradaptasi dengan regulasi 2022.

"Ini adalah akhir pekan yang sangat krusial bagi Merecedes. Saya menduga mereka telah mencoba konfigurasi lantai mobil yang berbeda, mencoba konfigurasi setingan yang berbeda untuk W13. Mereka harus segera berbenah jika masih ingin bersaing di sisa race tahun ini," katanya.

Pembalap utama Mercedes, Lewis Hamilton, sejak awal 2022 mengatakan butuh 4 hingga 5 race untuk memahami dan menemukan titik lemah dan kekuatan mobil 2022-nya. Kini sudah 5 race berlalu dengan hasil yang tak produktif buat tim yang menguasai F1 dalam 8 tahun terakhir ini.

Saat ini, Russell berada di urutan 4 klasemen sementara dengan total poin 59, sementara Hamilton di urutan 6 dengan poin 36. Sangat jauh dibandingkan Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull) yang punya poin 104 dan 85 poin.

Di kejuaraan konstruktor, Mercedes berada di peringkat 3 dengan poin 95, Tertinggal telak dari Ferrari dan Red Bull yang sudah mengoleksi 157 dan 151 angka.

Akankah gap itu bisa dipangkas di seri GP Spanyol pekan ini, berkat komponen baru yang diusung W13? (rnp)

 

  

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas