F1 2022 Spanyol: Ferrari Tercepat di 2 Sesi Latihan, Mercedes Membangun Harapan

Sabtu, 21/05/2022 01:18 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Pemimpin klasemen sementara F1 2022, Charles Leclerc, keluar mobil F1-75 dengan wajah berseri usai sesi Free Practice pada Jumat (20-5-2022) di GP Spanyol, Sirkuit Barcelona. Setidaknya ia merasa up grade yang diusung timnya ke Spanyol sudah membuahkan hasil positif.

Setelah digebuk Max Verstappen (Red Bull) dalam dua race terakhir, Ferrari datang ke Spanyol dengan pengembangan di bagian lantai mobil dan sayap belakang. Tujuan utamanya adalah melawan kecepatan RB18 milik Red Bull Racing.

Hasilnya, Lecler dan rekan setimnya, Carlos Sainz, finish tercepat 1-2 di sesi latihan pertama. Verstappen mereka kalahkan dengan gap sekitar setengah detik.

Selanjutnya di FP2, Leclerc kembali dominan dengan catatan waktu 1:19,670. Bedanya, yang menguntitnya di urutan 2 dan 3 adalah George Russell dan Lewis Hamilton, pembalap Mercedes yang datang dengan up grade signifikan pada W13. Sementara Sainz dan Verstappen terlempar ke posisi 4 dan 5 tercepat. 

"Semoga pengembangan yang kami bawa ke sini cukup untuk melawan kembali Red Bull dan finish di depan mereka saat race," kata Leclerc yang memimpin klasemen dengan keunggulan 19 poin atas Verstappen.

Verstappen yang jelas menjadi target yang harus dikalahkan Leclerc berusaha tenang melihat kemajuan lawan di dua sesi awal.

Mobilnya sendiri tak membawa pengembangan berarti ke Spanyol karena sudah lakukan dua kali up grade pada race sebelumnya, terutama menyangkut daya tahan mobil yang membuatnya dua kali gagal mencapai finish di seri Bahrain dan Australia.

"Mereka (Ferrari) datang dengan sejumlah pembaharuan. menarik menanti apa yang akan mereka dapatkan di akhir balapan. Saya hanya perlu fokus pada paket mobil yang kami miliki," ujar Verstappen.

Pembalap Belanda ini juga meraih kemenangan pertamanya F1 di Sirkuit Barcelona pada musim 2016, persis pada penampilan perdana bersama tim Red Bull, sekaligus rekor pembalap termuda memenangkan F1 dalam usia 18 tahun 228 hari.

Yang tak kalah menarik adalah kembalinya Mercedes ke front row setelah terpuruk dalam lima race awal.

Berbagai komponen baru yang digendong W13 ke Barcelona setidaknya membuahkan hasil di FP2 sekaligus membangun harapan ke sesi selanjutnya.

Russell hanya berjarak 0,1 detik dan Hamilton berjarak 0,2 detik dari Leclerc. Satu hal yang disambut antusias kru Mercedes di garasi mereka.

Hamilton sudah  menyebut up grade yang sudah dijajal Russell di Sirkuit Paul Ricard Prancis beberapa hari lalu akan membawa mereka ke papan atas, sementara ini sudah terbukti.

Karena itu tak berlebihan jika Hamilton pun memprediksi Mercedes bisa bersaing ke baris depan dalam sesi kualifikasi Sabtu (21/5/2022).

"Saya yakin kami punya potensi berada di depan. Saya menjaga harapan saya dan mempercayai kerja tim bahwa kami akan meraih hal itu," kata Hamilton yang butuh banyak poin untuk mengejar lawan karena saat ini terpuruk di urutan 6 klasemen dengan poin hanya 36 sementara Leclerc di P1 sudah mendulang 104 poin.

"Saat ini kami belum tercepat tapi kami sudah mengarah ke sana," imbuh Hamilton yang juga menyebut isu jalan mantul-mantul di trek lurus kini berkurang jauh dari sebelumnya.

Meski baru dalam sesi latihan, ternyata sirkuit dijubeli penonton yang diperkirakan sekitar 110.000 orang.

Pada raceday Minggu mendatang dipastikan lebih berjubel lagi karena kapasitas 140.700 tempat duduk dinyatakan sudah habis terjual. Ini efek pandemi Covid-19 yang membuat laga GP Spanyol dua tahun terakhir digelar tanpa penonton.

Faktor lain adalah penampilan pembalap tuan rumah, Fernando Alosno (Alpine) dan Carlos Sainz (Ferrari) yang menjanjikan prestasi di kandang sendiri. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman