F1 2022 Spanyol: Mercedes Mulai Bangkit, Awas Verstappen Dijepit Charles Leclerc dan George Russell

Sabtu, 21/05/2022 19:44 WIB

mobilinanews (Spanyol) -  Panasnya GP Spanyol tak hanya karena cuaca terik di Barcelona, tapi juga dipanaskan oleh kebangkitan tim Mercedes ke papan atas.

Tren positif Mercedes berlanjut ke sesi FP3 di Sirkuit Catalunya, Sabtu (21-5-2022) petang WIB setelah kemarin bikin kejutan di FP2.

Pembalap kedua Mercedes, George Russell, menunjukkan konsistensinya di atas W13 dengan finish tercepat 3 Besar di bawah Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull).

Leclerc yang juga tercepat di FP1 dan 2 mencetak waktu 1:19,772. Hanya unggul 0.072 detik atas Verstappen dan 0,148  detik atas Russell.

Menjadi lebih menarik karena driver utama Mercedes, Lewis Hamilton, berada di urutan 4 dengan gap 0,230 detik dengan Leclerc.

Posisi 5 dan 6 dihuni Carlos Sainz (Ferrari) dan Sergio Perez (Red Bull). Artinya, tiga tim elit F1 dengan 6 pembalapnya siap berjibaku dalam sesi kualifikasi yang digelar pada pukul 21.00 WIB malam ini.

Gemuruh persaingan tak hanya perebutan pole position tetapi juga second row. Menarik menanti akan di mana posisi start Russell, pembalap muda Inggris yang baru musim ini menjadi rekan setim Hamilton?

Tak kalah menarik adalah performa Hamilton. Ia yakin dengan sedikit lagi mengubah set up mobil W13-nya bisa bersaing ke baris depan.

Di FP3, katanya, basis set up yang ditentukan tim lebih cocok dengan gaya balap Russell. Karena itu dengan mengilik sedikit lagi setingan mobilnya, ia bisa saja jadi ancaman buat Leclerc maupun Verstappen.

Sainz yang menjadi pusat perhatian 100 ribuan penonton di sirkuit Barcelona tak kalah antusias menyongsong kualifikasi. Ia tak terlalu galau meski di FP3 tertinggal 0,357 detik dari Leclerc.

Seperti kasus Hamilton, Sainz juga merasa persoalan pada F1-75 besutannya hanya masalah set up. Secara umum ia melihat masih ada celah untuk meningkatkan performa mobil menjelang kualifikasi.

Selain kualifikasi, fokus pembalap pun mulai menuju raceday pada Minggu (22/5) setelah jalani 3 tahap latihan bebas.

Dalam konteks itu Leclec sesungguhnya menyimpan kegelisahan karena belum terlalu yakin dengan race pace yang ia miliki. Ia belum terlampau yakin dengan performa ban untuk lap panjang.

Sebaliknya dengan Verstappen. Meski selalu kalah dalam satu putaran, namun secara umum ia menilai RB18-nya lebih siap bertarung untuk waktu yang panjang dibandingkan lawan.

Data teknis yang dihimpun laman resmi F1 juga mengarah kepada kesimpulan itu. Bahwa Verstappen lebih kuat dengan durasi lomba yang panjang.

Meski begitu sesi kualifikasi malam ini tetap genting bagi Verstappen, juga buat driver lainnya untuk mengawali balapan esok hari.

Terlebih karena verstappen pun masih punya keluhan pada Rb18-nya, yakni kesulitan yang iaalami saat melibas tikungan lambat. Laju mobilnya rada berat.

Dan, itu tadi, selain Leclerc dan Verstappen, maka perebutan posisi start malam ini juga bisa panas oleh kehadiran Russell dan Hamilton di tengah-tengah driver Ferrari dan Red Bull.

Akankah mereka mampu meraih front row perdana musim ini? (rnp)

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo