F1 2022, Lewis Hamilton: "Tunggu, Saya Bisa Segera Kalahkan Red Bull..."

Senin, 23/05/2022 19:25 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Finish P5 di GP Spanyol ibarat kemenangan buat Lewis Hamilton. Tak lain karena proses yang harus ia lalui sejak awal race, dari P19.

W13 besutan pembalap tim Mercedes itu harus lebih awal masuk pit pada lap 9 karena kerusakan roda kiri depan usai bersenggolan dengan mobil Kevin Magnusen (Haas). Saat kembali ke lintasan posisinya sudah terpuruk di urutsn 19.

Dari sanalah juara dunia F1 7 kali ini menyalip satu per satu lawannya, termasuk para pemegang gelar dunia lainnya, Fernando Alonso (Alpine) dan Sebastian Vettel (Aston Martin).

Ia menikmati race ini karena inilah kali pertama ia merasakan kehebatan W13 yang dalam 5 race sebelumnya tak mampu mengimbangi Ferrari dan Red Bull.

Hamilton pun memuji pengembangan mayor yang dibawa Mercedes ke GP Spanyol. Ia dan rekan setimnya, George Russell, sama-sama kuat dalam menyerang maupun bertahan.

Russell, misalnya, cukup panjang memberikan perlawanan sengit kepada Max Verstappen (Red Bull) yang akhirnya juara sementara Russell di podium ketiga setelah Sergio Perez sebagai runner up.

Menurut Hamilton, tim Mercedes melakukan satu langkah eksperimen pada mobil sejak  kualifikasi. Masih kata Hamilton, eksperimen tampaknya berhasil dan melebihi ekspetasi sebelumnya.

Sekadar informasi, Russell memang melakukan tes private di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, beberapa hari jelang seri Spanyol. Banyak komponen baru yang diuji. Tapi, seperti lazimnya, Hamilton tak menyebut detil pengembangan yang melebihi harapan itu.

"Ini pertanda hebat bahwa kami menuju arah yang tepat," katanya.

Atas dasar itu, Hamilton optimistis akan tiba saatnya ia mengalahkan Red Bull pada race berikutnya, entah di seri yang mana. Yang pasti masih ada 16 seri balap hingga akhir musim.

"Jika tak alami insiden di awal (senggolan dengan Magnusen), saya bisa melawan Red Bull. Performa saat ini memberi saya harapan besar untuk fight meraih kemenangan," tandasnya.

Usai GP Spanyol, Hamilton berada di urutan 6 klasemen dengan poin 46, kalah 19 poin dengan Carlos Sainz (Ferrari) di peringkat 5. Russell sendiri berada di posisi 4 dengan koleksi 74 poin. Posisi 3 Besar ditempati Verstappen, Charles Leclerc dan Sergio Perez.

Sebelumnya Hamilton menyebut fokusnya adalah pengembangan W13 dengan target memenangkan balapan. Ia tak ingin diusik oleh perburuan gelar, terlebih untuk menciptakan rekor 8 kali juara dunia F1. (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo