Debut Sirkuit KymiRing Finlandia Gelar MotoGP 2022 Batal, Imbas Serangan Rusia ke Ukraina!

Rabu, 25/05/2022 22:43 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Efek perang Rusia-Ukraina sudah berimbas ke mana-mana. Hajatan F1 GP Rusia di Sirkuit Sochi dibatalkan tahun ini, pembalap Rusia Nikta Mazepin dicoret dari kompetisi. Kini giliran MotoGP kena getahnya.

Federasi Balap Motor Dunia (FIM) baru saja mengumumkan pembatalan GP Finlandia di sirkuit baru KymiRing yang dalam jadwal kompetisi tahun ini berlangsung 8-10 Juli 2022. Padahal, event ini sudah dinanti-nanti sejak 1982 oleh publik negeri yang melahirkan banyak pereli dunia dan pembalap F1 itu.

Seri Finlandia bersama GP Indonesia di Mandalika adalah peserta baru kompetisi MotoGP tahun ini yang disambut antusias para rider Grand Prix karena karakter sirkuitnya yang berbeda-beda.

Dalam keterangan resminya FIM menyabut alasan pembatalan GP Finlandia adalah pekerjaan teknis yang belum sepenuhnya usai sehingga belum mendapatkan homologasi sampai saat ini. Dengan persetujuan tuan rumah Finlandia, maka seri MotoGP di negeri itu baru akan digelar pada musim 2023 dan belum ditetapkan jawal pastinya.

Pada keterangan sama FIM menyebut alasan lain pembatalan adalah situasi geopolitik di kawan sekitar Finlandia yang sangat mengkhawatirkan. 

"Situasi saat ini membuat proses pekerjaan yang sedang berlangsung di dalam sirkuit dalam keadaan bahaya. Dengan perasaan sedih kami harus membatalkan GP Finlandia 2022," bunyi pernyataan FIM.

Situasi gawat yang disebut tersebut tak lain adalah perang Rusia- Ukraina yang masih berlangsung. Saat sama Finlandia telah mengajukan permohonan menjadi anggota NATO - organisasi bentukan AS dan sekutunya yang dibenci Rusia.

Keputusan Finlandia tentu saja membuat Rusia tak senang dan marah. Serangan Rusia ke Ukraina juga tak lepas dari keinginan Ukraina bergabung dengan NATO.

Dengan pembatalan tersebut maka serial MotoGP 2022 yang harusnya 21 balapan kini berkurang menjadi 20. (rnp)

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik