Gegara Manuver Razlan Razali, Jalan Toprak Razgatlioglu ke MotoGP 2023 Temui Jalan Buntu

Selasa, 31/05/2022 02:28 WIB

mobilinanews (Itlaia) - Hasrat sudah menggebu ke ajang MotoGP 2023 setelah menjuarai WSBK 2021, tapi rupanya takdir menentukan lain untuk Toprak Razgatlioglu.

Pembalap Turki itu kini tak punya peluang ke sana meski tes MotoGP-nya bersama pabrikan Yamaha tetap digelar bulan Juni ini.

"MotoGP 2023, mengapa tidak!," tulis Toprak lewat media sosialnya di awal musim 2022 dan sejak itu namanya dikaitkan dengan Yamaha di MotoGP, termasuk jika Fabio Quartararo benar-benar keluar dari Yamaha seperti ancamannya jika M1 2022 tak seperti harapannya.

Tapi, semua hal bisa berubah cepat di MotoGP. Pintu buat Toprak, kini relatif tertutup.

Gara-garanya adalah manuver Razlan Razali selaku CEO tim RNF Racing yang selama ini jadi tim satelit Yamaha di MotoGP. Pria Malaysia itu memutuskan pisah dengan Yamaha dan menjadi tim satelit Aprilia mulai musim 2023.

Ini artinya tak ada tempat buat Toprak karena rencana Yamaha adalah menampungnya di tim satelit sebelum naik ke skuad pabrikan.

"Perpisahan dengan RNF membuat ksmi hanya punya 2 pembalap mudim depan. Tak ada slot buat Toprak," kata Managing Director Yamaha Lin Jarvis kepada media di sela-sela GP Italia kemarin di Mugello.

Ia menyebut posisi Franco Morbidelli sudah terikat kontrak hingga akhir musim 2023. Sementara kontrak Quartararo yang berakhir pada akhir musim 2022 diyakini Jarvis akan diperpanjang pada Juni ini juga.

Meski M1 2022 belum memiliki top speed yang diinginkan Quartararo tapi faktanya motor itu mampu memberi kemenangan dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara. Jadi, sangat besar kemungkinan Quartararo menarik ancamannya.

Meski begitu, Jarvis menjamin jadwal tes M1 buat Toprak tetap dilaksanakan dengan motif seperti semula. Yakni sebagai hadiah karena Toprak sukses menjuarai WSBK 2021.

"Sekaligus memberinya kesempatan mencoba dan bersenang-senang dengan M1. Jadi bekal pengalaman jika di masa berikutnya ia punya kans promosi ke kelas primer," imbuh Jarvis.

Mungkinkah kesempatan itu terbuka jelang musim 2024? Waktu yang akan menjawab karena kontrak Toprak dan Morbidelli di Yamaha sama-sama habis di akhir musim 2023. (rnp)

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki