10 Hari Menuju 24 Hours of Le Mans 2022 : Prosesi Start Unik Yang Terus Berevolusi Demi Safety

Rabu, 01/06/2022 14:58 WIB

mobilinanews (Prancis) - Salah satu keunikan 24 Hours of Le Mans adalah prosesi start. Ada perbedaan mencolok dengan kebanyakan ajang balap lain, sehingga istilah "Le Mans Start" begitu terkenal.

Sejak 1923, prosesi start itu dimulai dengan memarkirkan mobil di sepanjang pit wall. Urutan ditentukan dari kapasitas mesin (cc) terbesar.

Para pembalap berdiri di seberang dan kemudian berlari, masuk ke dalam mobil, menyalakan mesin, dan memulai balapan.

Prosesi start unik di awal-awal penyelenggaraan 24 Hours of Le Mans. (foto : 24H of Le Mans)

Namun dalam perkembangan waktu, ada beberapa perubahan dengan memperhatikan faktor keselamatan pembalap. 

Ketika safety belt ditemukan pada dekade 1960-an, para penbalap justru mengakalinya dengan tanpa mengencangkan dulu sabuk keselamatan itu begitu masuk ke mobil. Barulah setelah beberapa saat mengencangkannya. 

Namun, hal itu malah memicu beberapa insiden fatal ketika terjadi kecelakaan beruntun di awal lomba. Dari situlah berlaku regulasi tidak ada lagi pembalap yang lari menyeberang trek, namun langsung sudah ada di mobil.

Berikut perubahan prosesi start Le Mans dari waktu ke waktu :

1923 - 1962
- mobil di parkir dalam keadaan mati di sepanjang pit wall
- urutan parkir berdasarkan cc terbesar
- para pembalap berdiri di seberang lintasan
- setelah bendera Prancis dikibarkan oleh starter, para pembalap berlari, masuk ke dalam mobil, dan menyalakan mesin
- start dimulai

1963 - 1969
Secara umum sama dengan sebelumnya, hanya urutan deretan mobil berdasarkan hasil kualifikasi bukan lagi cc mobil.

1970
Secara umum sama dengan prosesi hingga 1969, hanya kali ini para pembalap sudah ada di dalam mobil dengan safety belt terpasang sempurna.

1971 - sekarang
Satu perubahan tambahan adalah berlakunya rolling start. Para pembalap diberi kesempatan melakukan satu formation lap setelah bendera Prancis dikibarkan, baru setelah itu memulai lomba dalam kondisi mereka sedang melaju di trek, bukan dalam posisi diam (standing start).

Race 24 Hours of Le Mans 2022 disiarkan langsung via youtube channel KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada Sabtu, 11 Juni, start pukul 21.00 WIB. (bs)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!