Saat Berlangsung Race Jakarta E-Prix 2022, Anthony Sarwono: Suasana Hening Semua Fokus ke Monitor!

Senin, 06/06/2022 17:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Anthony Sarwono adalah satu satunya ASN National Steward pada event FIA Jakarta E-Prix di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Selama race berlangsung 45 menit + 1 lap, Wono - sapaan karibnya - berada di Steward Room (pengawas perlombaan) bersama Michael Schwäherl (DEU), Chairman of the Stewards Paul Belmondo (FRA), driver advisor to stewards Pawel Gardy FIA steward operator dan Achim Loth (CHE) international Steward.

"Selama race Jakarta E-Prix berlangsung,  suasananya cukup hening dan semua fokus pada monitor. Sesekali Race director Scott Elkins memberikan informasi yang harus diketahui dan dipertimbangkan para stewards mengenai sequence yang terjadi selama race," ujar Wono kepada mobilinanews.

Scott Elkins, lanjut Wono, yang merupakan pejabat penting di FIA itu memberikan informasi atau melakukan komunikasi by radio ke Steward Office karena tidak jadi satu dengan race control building,  berjarak sekitar 100 meter.

"Dan biasanya kami langsung berdiskusi mengenai langkah - langkah apa saja yang harus segera menjadi decision," lanjut Wono yang juga Direktur On Road Olahraga Mobil IMI Pusat. 

Diterangkan, secara keseluruhan race berjalan lancar dan safety car hanya keluar satu kali di lap kedua karena ada insiden mobil salah satu pembalap rodanya lepas, sehingga masuk Safety Car.

"Kemudian, ada sanksi penalty karena pelanggaran speed limit di pit lane yang dendanya cukup lumayan yaitu 100 euro per km/h dari kecepatan maximal di pit lane yaitu 50 km/h," terang Wono.

"Pascal Wehrlein pembalap TAG Heuer Porsche Team dikenakan penalti mundur 5 grid posisi karena ditemukan ada pelanggaran teknis oleh Technical Delegate. Itu saja sih beberapa insiden yang terjadi di Jakarta E-Prix kemarin," buka Wono yang berdarah indo Belanda.

Yang membanggakan, para stewards mengapresiasi performa dan kinerja dari para marshal yang bekerja di sisi lintasan balap.

"Juga race director mengacungkan jempol buat team RC kita yang dikoordinir oleh Dani Sarwono (CoC) dan Bagoes Hermanto (Deputy CoC). Mereka sangat surprised dengan teamwork RC lokal kita yang sangat cepat bisa beradaptasi," beber Wono.

Selain cepat beradaptasi, juga bisa bekerja sama dengan seluruh team dari FIA maupun FEO Limited selaku promotor FE walaupun baru pertama kali menyelenggarakan event Formula E. 

'Kalo gak salah, event single seater tingkat dunia terakhir yaitu A1 GP tahun 2006 di sirkuit Sentul. Tapi tidak Kejuaraan Dunia seperti Jakarta E-Prix kali ini," pungkas Wono. 

Good job everyone! (bs)

 

 

TERKINI
PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya