MotoGP 2022: Jack Miller Resmi ke KTM, Dua Rider Muda Potensial Ini Calon Kuat Penggantinya di Ducati

Kamis, 09/06/2022 19:35 WIB

mobilinanews (Austria) - Sekali lagi sebuah isu yang berkembang di MotoGP akhirnya menjadi sebuah fakta. Hari ini tim pabrikan Red Bull KTM resmi mengumumkan kontrak Jack Miller hingga musim 2023-2024. 

Lewat pengumuman resmi tim Austria itu Miller disebut sudah  teken kontrak untuk musim 2023 dan 2024. Rider Australia ini akan mendampingi Brad Binder (Afrika Selatan) di garasi tim pabrikan.

Miller gantikan Miguel Oliveira(Portugal) yang masa depannya belum jelas untuk musim depan. KTM menawarkannnya kursi di tim satelit KTM Tech3. Tapi, Oliveira sudah tegas menolak opsi tersebut.

Kembalinya Miller ke kubu Red Bull disambut tim dengan sebuah ilustrasi gambar seorang pembalap di podium dengan menenggak minuman dari sepatu. Itu adalah ciri khas Miller. Itu aksi yang ia lakukan saat kali pertama meraih kemenangan di MotoGP pada 2015 bersama LCR Honda.

Sebelumnya Miller membalap untuk tim Red Bull di kelas Moto3. ia jadi pesaing dalam perebutan gelar musim 2014. Meski gagal meraih gelar, ia didapuk Honda untuk langsung naik ke ajang MotoGP. Tanpa melalui jenjang Moto2 seperti lazimnya. 

"Kami mengenal Jack sejak di Moto3. Kini kami senang ia kembali dan masuk struktur MotoGP kami. Ia meninggalkan kami dengan kesan positif dan kami tetap berhubungan. Sikap dan pendekatan Jack terhadap dunia balap sama dengan kami. Saya senang ia kembali, ia aset penting untuk program selanjutnya," komentar Direktur Motosport KTM Pit Beirer.

Manajer Tim KTM Francesco Guidotti tak kalah antusias menerima Miller. Mereka akrab saat Guidotti menjadi manajer tim Pramac Ducati, tim yang menaungi Miller sejak keluar dari LCR Honda dan selanjutnya masuk tim pabrikan Ducati.

"Saya mengenalnya sangat dekat, ia seorang pebalap murni. Karakter dan caranya bekerja saya yakini akan membawa efek positif dalam pengembangan RC16 berikutnya. Dua musim berikutnya saya yakin akan sangat menarik," tutur Guidotti,

Di sisi lain, kepastian masa depan Miller menyisakan ketakpastian calon penggantinya di tim pabrikan Ducati. Satu motor sudah dipastikan milik Francesco Bagnaia yang sudah perpanjang kontrak hingga 2024.

Pengganti Miller saat ini diperebutkan dua rider muda dari tim satelit Ducati, yakni Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Enea Bastianini (Gresini Ducati).

Siapa yang akan terpilih sepertinya akan diputuskan pada Juni ini juga. Efek selanjutnya adalah soal tempat yang tersedia bagi Alex Rins (Suzuki) dan Oliveira yang sudah jelas belum punya tim baru untuk 2023. Hal sama berlaku untuk Pol Espargaro (Repsol Honda) karena isu yangberedar semakin santer kalau kursinya akan diduduki Jian Mir (Suzuki) untuk mendampingi Marc Marquez tahun depan.

Tentu itu dengan asumsi Marquez akan kembali di musim 2023 setelah rehabilitasi sepenuhnya sepanjang musim 2022. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik