F1 2022 Azerbaijan: Perez Kalahkan Verstappen 0,3 Detik di Sesi Latihan, Ditunggu Drama di Red Bull Berikutnya!

Jum'at, 10/06/2022 20:14 WIB

mobilinanews (Azerbaijan) - Sergio Perez punya daya tarik tersendiri di sesi FP1 GP Azerbaijan di Street Circuit Baku, Jumat (10/6/2022).

Inilah kali pertama ia dibebaskan untuk beri perlawanan keras terhadap Max Verstappen karena keduanya kini punya status sama, tak ada istilah number one or two.

Perez benar-benar on fire menuju Baku. Fresh dengan kemenangan di GP Monaco, plus perpanjangan kontrak hingga 2024, menjadi penyemangat. Ini kali pertama pembalap Meksiko itu memiliki momen bertarung di jalur perebutan gelar juara dunia F1.

"Ini kesempatan dan tantangan yang tak mungkin saya sia-siakan. Ini kebanggaan buat saya dan keluarga, tim maupun negeri saya. Saya harus fokus 100%," ucap Perez jelang seri GP Azerbaijan.

Kepercayaan yang diberikan Red Bull Racing membuatnya siap fight berburu gelar. Karena itu ia harus membuktikan kalau keputusan tim elit F1 tak salah.

Dan, pembuktian awal itu ia tunjukkan di sesi FP1 dengan predikat tercepat. Mengalahkan Verstappen dengan selisih 0,334 detik. Verstappen tercepat ketiga.

Tercepat kedua jagoan tim Ferrari, Charles Leclerc, dengan gap 0,127 detik dari Perez. Memang hanya sepersekian detik, tapi angka itu termasuk besar untuk ukuran waktu  Formula 1. Sebab, marjin itu bisa berubah jadi nol koma nol sekian detik pada sesi kualifikasi. 

Posisi keempat tercepat ditempati pembalap Ferrari Carlos Sainz. Ini untuk kesekian kalinya di musim 2022 posisi 4 Besar dihuni para driver Red Bull dan Ferrari. Dan, seperti 7 race sebelumnya, kedua tim ini juga yang akan bersaing di babak kualifikasi maupun saat raceday.

Performa Perez menempati P1 di sesi latihan pertama menjadi headline di hampir semua media motorsport dunia. Namanya mengalahkan nama besar Lewis Hamilton (Mercedes) yang masih sja terganjal isu porpoising di trek dalam kota Baku. Laju W13-nya kembali mantul-mantul meski akhir nya meraih finish tercepat kelima.

Dari gesturnya tampak hasil ini mengecewakan Verstappen, juga para krunya di garasi tim Red Bull. Mereka tegang. Sebaliknya dengan tim Perez yang penuh ceria.

Tapi, ini barulah FP1. Belum memberi banyak gambaran untuk masuk kualifikasi maupun race. Hari ini juga atau malam ini WIB berlangsung FP2, dan lagi-lagi yang menarik ditunggu adalah bagaimana lanjutan duel bebas Perez versus Verstappen? (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060