Yamaha Luncurkan X-Force, Skuter Hemat untuk Zona Perkotaan

Minggu, 12/06/2022 12:05 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Yamaha Jepang telah mengumumkan rencananya meluncurkan X-Force, sebuah skuter baru, pada 28 Juni 2022 mendatang. Skuter sporty ini dirancang untuk kebutuhan mobilitas perkotaan maupun antar kota.

Melansir RideApart, X-Force mendapatkan sasis baru yang dikembangkan secara khusus, juga dilengkapi fitur-fitur modern seperti kontrol traksi dan konektivitas smartphone Bluetooth melalui aplikasi dan lainnya.

Sebagai motor harian, X-Force dibuat senyaman mungkin untuk bepergian ke kantor atau sekolah setiap hari. Itu sebabnyak ia hadir dengan tagline "Master of Street Scooter".

X-Force memiliki footprint keseluruhan yang relatif kecil, dengan jarak sumbu roda 1.340 mm dan ketinggian kursi 815 mm, sehingga ramah untuk orang Asia. X-Force memiliki sadel datar yang memberikan kenyamanan saat duduk. Sebelumnya motor ini telah diluncurkan di Taiwan sebagai Force 2.0 dan mendapat sambutan hangat.

Skuter Yamaha X-Force ditenagai oleh mesin satu silinder berkapasitas 155 cc berpendingin cairan, dengan injeksi bahan bakar. Ia juga menggunakan teknologi Blue Core dan VVA eksklusif Yamaha untuk memberikan torsi tinggi di seluruh rentang putaran.

Selain itu, ada silinder offset, piston tempa, dan silinder DiASil yang membuat mesin semakin efisien. Yamaha juga telah menambahkan Smart Motor Generator, yang berfungsi sebagai motor starter yang membuat motor lebih tenang dan saat berkendara, generator ikut bekerja sehingga menghasilkan penghematan yang lebih besar.

Yamaha X-Force juga punya panel instrumen LCD yang dapat dihubungkan ke smartphone dan menjalankan aplikasi seluler Yamaha Motorcycle Connect. Ini memungkinkan pengguna memantau panggilan masuk dan pesan SMS, serta tingkat baterai yang tersisa dari ponsel cerdas dan info terkait lainnya.

Aplikasi Yamaha Motorcycle Connect juga akan berfungsi sebagai pengingat untuk pemberitahuan tentang interval perawatan, penggunaan bahan bakar, dan posisi terakhir kendaraan yang diketahui.

X-Force memiliki kapasitas penyimpanan di bawah kursi yang besar yaitu 23,2 liter. Ada Port USB 5V2A yang memungkinkan pengendara untuk mengisi daya smartphone dan perangkat lain saat berjalan.

Kapasitas tangki bensin adalah 6,1 liter. Dari hasil pengetesan Yamaha, motor ini memiliki edisiensi yang cukup baik, dimana konsumsi bahan bakarnya sebesar 40,9 kilometer per liter. Motor ini akan dibaderol $2.959 USD atau setara Rp 43,2 juta.(elk)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik