MotoGP 2022: Alex Marquez Gantikan Bastianini di Gresini, Begini Efeknya Terhadap Pembalap Favorit!

Senin, 27/06/2022 21:19 WIB

mobilinanews (Italia) - Pelan-pelan panasnya bursa pembalap MotoGP 2022 mulai redup. Satu per satu rumor jadi kenyataan. Terbaru adalah perginya Alex Marquez dari LCR Honda yang langsung  berimbas kepada rider lain.

Adik kandung Marc Marquez itu sudah pastikan kursi pada tim Ducati/" style="text-decoration:none;color:red;">Gresini Ducati untuk musim 2023. Berdampingan dengan Fabio Di Giannantonio. Alex akan dibekali Desmosedici GP23 spek pabrikan sementara Giannantonio gunakan motor eks 2022. 

Kepastian Alex ke Gresini berarti memastikan diri Enea Bastianini akan pergi dari Gresini. Meski belum ada pengumuman resmi, Bastianini lebih condong menuju tim satelit Prima Pramac Ducati menggantikan Jorge Martin.

Martin sendiri dipromosikan ke tim pabrikan Ducati mengisi slot yang ditinggalkan Jack Miller yang sudah lebih duku mendapat tempat di pabrikan KTM.

Bastianini yang sudah meraih 3 kemenangan di awal musim 2022 belakangan memang tak cemerlang. Bisa jadi itu pertimbangan Ducati mendapuk Martin yang sejak tahun lalu memang sudah diprogram ke tim pabrikan. Alasan lain adalah ketidakcocokan Bastianini dengan rider utama Ducati, Francesco Bagnaia.

Meski sesama Italia, ada kemungkinan muncul friksi antar keduanya seperti sudah diperlihatkan  Bastianini saat Bagnaia mengatakan ingin tetap berdampingan dengan Miller.

Efek lain menyangkut nasib Alex Rins (Suzuki). Sudah hampir pasti ia jadi pengganti Alex di LCR Honda. Berkumpul lagi dengan rekan setimnya di Suzuki, Joan Mir, yang juga hampir pasti menggantikan Pol Espargaro di Repsol Honda. Pol sendiri akan balik ke KTM via tim satelit Tech3 KTM.

Satu-satunya pembalap yang belum jelas masa depannya adalah Miguel Oliveira pasca tempatnya di skuad pabrikan KTM diambil oleh Miller. Harapannya jadi pengganti Bastianini di Gresini langsung hilang oleh kedatangan Alex Marquez.

Opsi yang tersedia bagi pembalap top Portugal itu tinggal pada tim RNF Yamaha yang tahun depan menjadi tim satelit Aprilia. Itu pun kalau masih ada tempat.

Kasihan Oliveira. Ketika teman-temannya menikmati libur kompetisi sepanjang Juli, ia masih belum tau akan di mana tahun depan. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan