LED Head Lamp Pajero Sport Tahun 2016-2020 Bermasalah, Ini Indikasi dan Solusinya!

Selasa, 05/07/2022 08:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Head lamp menjadi komponen penting sebagai alat penerangan mobil yang wajib aktif pada saat berkendara. Hal ini menjadi kewajiban karena lampu tidak hanya berfungsi sebagai penerang tetapi juga alat komunikasi di jalan.

Dalam perkembangan head lamp terus mendapatkan inovasi dari pabrikan mobil. Sayangnya ada saja, lampu mobil utama mobil yang tidak memberikan penerangan maksimal dan cenderung suram pada durasi pemakaian tertentu.

Pajero Sport misalnya. Untuk mobil Sport Utility Vehicle (SUV) milik Mitsubishi ini ditemukan penurunan pencahayaan yang signifikan pada saat usia pemakaian sekitar 50 ribu kilometer. Kasus ini terjadi pada Pajero Sport tahun produksi 2016 hingga 2020.

"Umumnya lampu Pajero Sport baru tahun 2016-2020 suram bahkan ada yang sampai mati, ketika usia pemakaian sekitar 50 ribu Km. Ini yang membuat banyak pemilik lalu mengganti led-nya dengan aftermarket untuk membuatnya lebih terang dan keren," kata Owner Specialist Auto Colour Speedo (SACS), Wira Sentosa pada mobilinanews.com

Wira mengungkapkam indikasi kerusakan led pada head lamp yang terjadi pada hampir sebagian besar Pajero Sport pada saat menempuh jarak pemakaian 50 ribu Km, diawali dengan lampu mulai menguning dan beberapa saat kemudian mati total.

Spidometer Pajero Sport yang menunjukan jarak pengunaan mobil

Solusinya Wira mengganti led Pajero dengan meletakan ratusan lampu led berkapasitas watt kecil dalam barisan, hingga membentuk led yang lebih terang dan pastinya tahan lebih lama.

"Di Pajero Sport led orisinil punya watt besar. Biasanya mereka pakai 3 led, masing-masing berkapasitas 15 watt. Kalau di kita, yang baru kita pakai ratusan led dengan watt kecil, mungkin sekitar 0,8 watt. Kita jejerin sehingga membentuk led asli. Bisa dibuat standar, dan ada juga variasi dengan sein," tuturnya.

Di Workshopnya yang terletak di Pondok Gede, Wira yang menjadi salah satu spesialis lampu telah mengerjakan ratusan mobil Pajero yang mengalami masalah tersebut, sehingga ia menyimpulkan bahwa ini masalah umum pada mobil bongsor Tiga Berlian itu.

"Ini penyakit umum pada lampu Pajero Sport baru. Setelah diperbaiki dengan pilihan tipe bintik-bintik atau yang standar jadinya lebih keren dan terang. Lampu mobil datang Pajero Sport pulang gayanya kaya Lexus," bebernya.

Pengerjaan sepasang lampu Pajero Sport di Workshopnya memakan waktu sekitar tujuh jam. Harga yang dipatok untuk instalasi dan pengerjaan keseluruhan adalah Rp 1,5 juta untuk setiap pasang lampu. Pada kasus yang ditanganinya dan diliput mobilinanews, kiliometer mobil sudah menunjukan jarak 60.979 Km. (elk)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman