Hyundai STARGAZER Dengan Performa Responsif dan Kabin Nyaman, Bakal "Mengganggu" New Avanza Dan New Xpander?

Jum'at, 22/07/2022 01:01 WIB

mobilinanews (Cikarang) - Awak media yang diajak untuk mencoba langsung performa dan akselerasi Hyundai STARGAZER di area Proving Ground Test Track yang dimiliki pabrik Hyundai di kawasan Deltamas Cikarang Kabupaten Bekasi pada hari ini.

Trek ini terdiri dari jalanan lurus, jalanan berbelok, hingga tanjakan dan turunan. Seluruh awak media berkesempatan mencoba STARGAZER di trek ini. 

STARGAZER telah dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga peserta tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin STARGAZER.

Di kesempatan ini peserta dapat mencoba sendiri 4  mode berkendara yang tersedia di STARGAZER mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport 

Masing-masing mode yang tersedia digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna STARGAZER mulai dari kebutuhan untuk mendukung penggunaan bahan bakar lebih efisien melalui mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa di mode sport.

Trek dimulai dengan jalanan lurus dan peserta dapat mencoba responsivitas dan performa dari STARGAZER.

Begitu memasuki trek, awak media langsung merasakan responsivitas dari putaran tenaga bawah STARGAZER.

Dilengkapi dengan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm.

Ini membuktikan kinerja mesin yang disuguhkan STARGAZER tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang dalam namun sudah siap memberikan dorongan instan dan responsif. Tentunya, responsivitas dan performa ini sangat cocok digunakan untuk kondisi jalanan di Indonesia.

Akselerasi juga diuji pada trek tersebut, dengan sistem transmisi IVT, mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan dan irit bahan bakar.

Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional saat di perjalanan.

Penumpang juga akan dimaksimalkan kenyamanannya dengan kekedapan kabin dari STARGAZER yang memungkinkan mengurangi suara bising dari jalanan maupun mesin dari mobil itu sendiri.

Setelah melewati trek ini, peserta kemudian masuk ke area pengujian rem. Di area ini, peserta diminta untuk memacu kendaraanya lebih cepat kemudian menguji tingkat kepakeman dari rem STARGAZER.

Hasilnya, setelah dipacu dengan kecepatan tinggi semua STARGAZER yang diuji coba berhasil melakukan braking atau pengereman sampai titik yang ditentukan.

Ini membuktikan keamanan dari rem STARGAZER telah teruji dan cocok digunakan terlebih di jalanan Indonesia yang memiliki kontur berbeda dan memerlukan bantuan pengereman.

Jalanan berkelok dan banyak tikungan tajam telah menjadi salah satu ciri khas jalanan di Indonesia. Ketangguhan dan kenyamanan STARGAZER juga diuji melalui trek menikung di Proving Ground Track ini.

Ketika sebagian besar awak media mencoba trek ini, limbung tidak terasa sama sekali akibat dari struktur kokoh yang dimiliki STARGAZER.

Hasil dari uji coba ini dipastikan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, terlebih di kondisi jalan yang berkelok hingga jalanan yang banyak memiliki tikungan tajam.

Terakhir, trek dilanjutkan dengan jalanan menanjak. Saat STARGAZER yang berisikan hingga 3 peserta tersebut menghadapi jalanan dengan sudut elevasi yang tinggi, STARGAZER dapat dengan mudah menanjak tanpa adanya raungan mesin yang berlebih.

Hal ini membuktikan performa mesin STARGAZER dapat diandalkan untuk jalanan menanjak bahkan di tanjakan dengan sudut elevasi yang tinggi. Begitu pula dengan turunan, tidak ada guncangan berarti ketika STARGAZER beralih dari turunan kembali ke jalanan datar.

Selain itu, dengan adanya fitur Hill-Start Assist Control (HAC), juga membantu menahan mobil sekitar 5 detik ketika berada di posisi menanjak atau menurun, sehingga pengendara memiliki waktu memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Dengan demikian STARGAZER dipastikan dapat menyesuaikan kondisi jalanan Indonesia yang dominan menanjak dan juga menurun, di mana akselerasi terhadap sudut elevasi yang lebih tinggi sering diperlukan terlebih dalam keadaan mobil penuh penumpang. (bs)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali