MotoGP 2022: Andrea Dovizioso Pensiun Beneran, Cal Cruthclow Jadi Pengganti di 6 Ronde Sisa

Jum'at, 05/08/2022 01:28 WIB

mobilinanews (Inggris) - Kamis (4 Agustus 2022) sore waktu Italia atau malam Jumat ini WIB, pembalap top Italia bikin pengumuman mengejutkan. Ia ogah meneruskan balapan hingga akhir musim di MotoGP dan ambil putusan pensiun.

Bukan sekarang jelang GP Inggris akhir pekan ini, tapi pensiun resmi itu akan dilakukan usai GP San Marino pada 4 September mendatang. Ia ingin tinggalkan MotoGP di depan fans Italia yang akan memenuhi sirkuit Imola.

Alasan mundurnya sederhana saja, merasa tak nyaman karena sejauh ini sama sekali tak kompetitif bersama tim satelit RNF Yamaha. Ia kalah bersaing dengan para rider muda MotoGP dan saat ini berada di urutan 22 klasemen.

Sejak kembali membesut M1, ia sama sekali tak pernah finish di grup 10 Besar meski menggenjot motor terbaru spek pabrikan seperti besutan Fabio Quartararo yang memimpin klasemen sementara.

Sejauh ini di musim 2022 Dovi hanya 4 kali finish di zona poin dengan hasil terbaik P11 di GP Portugal. Ia baru mengoleksi 10 poin. Itu hasil terburuk sejak jadi pembalap regular di ajang grand prix pada 2002. 

"Bersama para teknisi tim, kami sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan motor yang mumpuni. MotoGP sudah sangat berubah saat ini. Saya tak pernah merasa nyaman di atas motor," kata Dovi yang sebelumnya sempat vakum dari MotoGP usai putus kontrak dengan Ducati pada akhir 2020. 

Tapi, ia hanya 'pensiun' beberapa bulan karena dipanggil mendampingi Valentino Rossi di tim Petronas Yamaha yang pada musim 2022 ini berubah nama jadi RNF Yamaha.

"Saya juga berkonsultasi dengan teknisi Yamaha, tapi tetap saja hasil yang kami harapkan tak datang. Hubungan saya dengan tim maupun Yamaha sangat bagus. Keputusan pensiun karena keinginan sendiri," imbuh Dovizioso yang bersama Ducati tiga kali menjadi runner up kejuaraan dunia.

Dengan putusan pensiun usai GP San Marino berarti ada 6 seri sisa musim ini yang ditinggal Dovizioso. Tester Yamaha Cal Crutchlow disebut sebagai penggantinya. Jelas, peran Crutchlow sebatas 6 race tersebut karena mulai musim depan tim RNF pisah dengan Yamaha dan menjadi tim satelit Aprilia.

Bos tim RNF Yamaha Razlan Razali mengaku sedih ditinggal pembalap sekaliber Dovizioso. Ia juga menyayangkan keputusan pembalapnya tidak menuntaskan seluruh balapan musim ini.

"Tapi, saya memahami keputusannya. Saya juga memahami perasaannya karena mengalami kesulitan dengan motor yang kami miliki. Ia sudah memutuskan pensiun dan kami menghormati itu," kata pria Malaysia mantan petinggi Sirkuit Sepang itu.

Setelah bermain di kelas GP 125CC sejak 2002 dengan hasil juara dunia 2004, Dovi tarung di kelas 250CC pada 2005-2007 dengan hasil P3 pada 2005 dan P2 pada dua tahun berikutnya.

Ia dipromosikan Honda ke MotoGP pada musim 2008 dan bertahan hingga tahun 2011 dengan prestasi terbaik P3 di klasemen akhir 2011.

Pada 2012 ia membesut tim satelit Yamaha Tech3 dan selanjutnya gabung tim pabrikan Ducati musim 2013 hingga 2020 di mana ia jadi musuh bebuyutan Marc Marquez (Honda) dalam perburuan gelar 2017, 2018 dan 2019.

Dovi pensiun pada awal September nanti pada umur 36 tahun lebih 6 bulan. Pastinya ini jadi pensiun sungguhan karena pasti bakal sangat susah mendapatkan motor dan tim terbaik pada tahun-tahun mendatang di tengah serbuan para pembalap muda jebolan Moto2. (rnp)

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman