MotoGP 2022 Inggris: Drama Aleix Espargaro Berlanjut, Terancam Gagal Balapan di Silverstone

Minggu, 07/08/2022 05:21 WIB

mobilinanews (Inggris) - Rasa sakit yang dirasakan Aleix Espargaro justru terasa makin menjadi-jadi beberapa jam setelah kecelakaan dahsyat di sesi FP4 GP Inggris, Sabtu (6-82022).

Tim Aprilia dan dokter akan menentukan statusnya pada Minggu (7/8). Dokter akan memeriksa ulang rasa sakit yang diderita Aleix, terutama pada kaki kanannya. Step pertama adalah memeriksa kondisi fisiknya untuk ikuti sesi warm up. Dari situ akan diputuskan apakah secara medis memungkinkan ikut balapan berdurasi 20 laps atau tidak.

"Kondisi Aleix akan dilihat beberapa jam sebelum balapan. Jika rasa sakitnya masih seperti sekarang atau bertambah maka ia mungkin tak bisa berpartisipasi ikut balapan," bunyi rilis tim Aprilia pada Sabtu malam waktu Inggris atau Minggu (7/8) WIB.

Aleix alami kecelakaan model highside di sesi FP4 yang membuatnya harus masuk medical centre untuk pemeriksaan x-ray. Untungnya tak ada tulang yang patah meski sekujur tubuhnya sakit, terutama kaki kanan. Ia pun kembali ke trek dan ikut kualifikasi dengan hasil pembalap pertama yang memecahkan rekor kecepatan Silverstone milik Marc Marquez pada 2019 sekaligus pole sitter sementara. 

Sayang pada menit-menit berikutnya catatan waktu Aleix dilampaui 5 pembalap lain. Ia akhirnya meraih posisi ke-6 sekaligus posisi start-nya pada raceday.

"Saat berada di atas motor saya merasa baik saja. Sekarang saya sangat kesakitan dan semakin parah rasanya. Malam ini saya akan beristirahat hingga besok dan kemudian mengevaluasi situasi setelah sesi pemanasan," tutur Aleix.

"Saya tentu akan lakukan semua yang bisa saya perbuat agar bisa ikut balapan. Tapi, karena rasa sakit ini berada pada bagian tubuh yang pasti akan sangat tertekan saat mengendarai motor maka kami harus melihat apakah itu mungkin," kata penantang tedekat Fabio Quartararo (Yamaha) di puncak klasemen sementara 2022 dengan selisih 21 poin.

Akan menjadi kerugian besar jika Aleix gagal ikut race karena di sinilah kesempatannya sangat terbuka untuk merapatkan jarak poin dengan Quartararo yang akan start dari P4.

Pasalnya di seri ini Quartararo akan jalani hukuman long lap penalty yang dijatuhkan stewards usai ia menubruk Aleix di GP Belanda lalu. Hukuman itu mengakibatkan beberapa pembalap akan sekaligus menyslip posisi joki tim Yamaha itu. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas