Juha Kankkunen Manggung Lagi di Reli Dunia, Geber GR Yaris H2 di Rally Belgia

Jum'at, 12/08/2022 19:32 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Legenda Finlandia di ajang reli mobil dunia, Juha Kankkunen, akan kembali ke ajang WRC dalam usia 63 tahun. Ia akan berada di kokpit GR Yaris H2 berbahan bakar hidrogen sebagai mobil reli masa depan.

Kankkunen sangat berambisi menguji mobil hybrid yang musim ini digunakan di WRC, kejuaraan dunia reli mobil. Tapi, yang ia dapatkan justru menggeber GR Yaris H2 sekaligus jadi penampakan perdana mobil berbahan baku hidrogen itu di kancah reli dunia.

GR Yaris H2 adalah konsep torobosan Toyota menggunakan hidrogen untuk sistem pembakaran di mesin, bersinerji dengan blok turbo-charged yang sudah digunakan pada mobil produksi reguler.

Juara dunia WRC 1986, 1987, 1991 dan 1993 itu akan melaju pada Rally Belgia di lintasan aspal, pekan depan. Tentu saja ia tak berkompetisi melawan melawan para pereli yuniornya tapi lebih sebagai ajang uji coba GR Yaris H2. Kankkunen hanya akan tampil pada 1 special stage di seriap harinya. Ia start di depan, sebelum para pereli regular masuk lintasan.

Kembalinya Kankkunen memang menarik. Tapi, tak kalah menarik adalah powertrain GR Yaris H2 yang akan diujinya. Ini adalah proyek prestisius Toyota membawa teknologi tenaga hidrogen ke ajang motorsport. Mobil itu dikembangkan dari basis mesin GR Corolla H2 yang Juni lalu sudah meluncur di ajang endurance Fuji 24 Hours di Jepang. Jokinya adalah Jari-Matti Latvala (Finlandia) yang tak lsin adalah Team Principal Toyota Gazoo Racing. Ia didampingi pendiri tim Toyota Motorsport, Akio Toyoda.

"NItrogen punya masa depan di mobil reli. Akan sangat menarik menanti aksi GR Yaris H2 di Rally Belgia," tutur Latvala yang juga mantan jagoan di ajang WRC.

Rally Belgia berlangsung 20 SS pada Jumat - Minggu, 19-21 Agustus 2022 mendatang. Pereli tim Toyota Gazoo Racing Kalle Rovanpera ke sana sebagai pemimpin klasemen WRC 2022 dengan keunggulan besar, 94 poin, atas pereli tim Hyundai. (rnp)

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman